Sekarang Dua Desa di Kabupaten Banyumas Tidak Kesulitan Air Lagi

Bandung - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali meresmikan sumur bor untuk dua daerah sulit air yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kedua wilayah tersebut adalah Desa Batuanten Kec. Cilongok dan Desa Menganti Kec. Rawalo.

Kepala Badan Litbang Kementerian ESDM Sutijastoto mengatakan bahwa salah satu tugas Badan Geologi Kementerian ESDM adalah melaksanakan penyediaan sarana air bersih bagi masyarakat. “Pelayanan yang kita berikan adalah pengeboran air tanah di daerah di seluruh wilayah Indonesia yang masih kesulitan air,” kata Sutijastoto dalam keterangan resminya.

Sampai akhir tahun 2018 lalu, Badan Geologi Kementerian ESDM sudah berhasil membangun sebanyak 2.290 unit sumur bor yang tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia.

“Sumur bor tersebut memiliki kapasitas debit air bersih yang mencapai 144,4 juta m3/tahun, yang dapat melayani kurang lebih 6,6 juta jiwa," tutur Sutijastoto.

Untuk di Kabupaten Banyumas sendiri Kementerian ESDM telah membangun sebanyak 16 unit sumur bor yang tersebar di 10 kecamatan dan 16 desa yang mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi 40 ribu jiwa penduduk per tahunnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asekbang) Setda Banyumas Didi Rudwiyanto mengungkap rasa terima kasihnya atas pembangunan sumur bor di wilayahnya. "Dari 20 desa di Kecamatan Cilongok, 10 desa di antaranya mengalami kekurangan air. Kami berharap di tahun-tahun mendatang masih ada bantuan yang bisa diberikan oleh Kementerian ESDM sehingga masalah air bersih dapat terus teratasi," ungkap Didi.


Foto: Dok. Kementerian ESDM

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler