Menteri Pertanian Hibahkan 1 Juta Pohon Kopi untuk Hulu Citarum

Bandung - Untuk mendukung program pelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Kementerian Pertanian menghibahkan 1 juta benih kopi kepada petani di Desa Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung. Tahun depan, jumlahnya bakal ditambah loh jadi 3 juta pohon.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, perkebunan kopi salah satu komoditas konservasi yang bisa berfungsi mencengkram agregat tanah dengan kuat. Dengan adanya pohon kopi, tanah di sekitar DAS enggak mudah mengalami longsor.

"Tak hanya menahan longsor, kopi juga menjadi produk yang dapat diandalkan untuk membangun penghidupan bagi petani. Jadi  nantinya petani tidak perlu menebang pohon karena memiliki penghasilan dari buahnya, makanya tahun depan ditambah 3 juta benih pohon ya," ujar Andi Amran, Kamis (10/1/2019) di Kertasari Kabupaten Bandung.


Amran juga berpesan, penduduk di Kabupaten Bandung harus menumbuhkan kesadarannya untuk merawat DAS Citarum.  Kelestarian dan pelestarian, kata Amran adalah wujud atas kecintaan manusia terhadap alam.

"Kementan sejak beberapa tahun lalu  memotong biaya anggaran mulai dari biaya perjalanan dinas, biaya potong pita dan biaya lain yang dinilai tidak perlu. Semua biaya itu kami belikan traktor, pupuk dan bibit untuk petani di Bandung dan beberapa daerah di Jawa Barat," paparnya.

Sejauh ini bantuan yang diberikan jumlahnya mencapai satu juta benih kopi dan 475 ton pupuk organik. kementan juga memberikan 320.000 bantuan benih pala berikut 3 ribu ton pupuk organiknya untuk mendukung kelestarian sungai citarum.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler