Kementerian Perdagangan Blokir 143 Pialang Berjangka Ilegal

Bandung - Bisnis perdagangan berjangka memang menarik karena menawarkan keuntungan yang menggoda. Meski begitu kita harus berhati-hati supaya tidak menjadi korban penipuan perusahaan yang berkedok bisnis perdagangan berjangka. 

Pialang berjangka sendiri adalah badan usaha yang melakukan kegiatan jual beli Komoditi berdasarkan kontrak berjangka atas amanat nasabah. Dengan menarik sejumlah uang atau surat berharga tertentu sebagai margin untuk menjamin transaksi tersebut.

Pada Tahun 2018 yang lalu, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka (Bappebti) melakukan pengawasan dan penegakan hukum terhadap aktivitas perdagangan berjangka. Dari hasil pengamatan, identifikasi dan penyelidikan Bappebti dan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ditemukan 143 entitas pialang berjangka ilegal.

143 entitas pialang berjangka ilegal tersebut diblokir karena tidak bisa membuktikan bahwa perusahaan atau pialang berjangka memiliki izin usaha dan persetujuan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kemendag. 

Kamu juga perlu waspada dengan cara perusahaan pialang berjangka melakukan penawaran jasanya. Sebelum memutuskan menjadi investor, lakukanlah pemeriksaan legalitas perusahaan lewat www.bappebti.go.id. Kamu juga harus mengenali jenis investasi yang akan digunakan, tidak tergiur janji keuntungan dan menghubungi Bappebti jika meragukan otoritas dan legalitas suatu perusahaan.

Bagi TemanBaik yang ingin memeriksa keabsahan perusahan atau pialang berjangka, kamu dapat melihatnya di bappebti.go.id/pialang_berjangka. Jika masih ragu dan ingin memperoleh informasi lebih lanjut tentang keabsahan suatu perusahaan berjangka, mekanisme transaksi, dan hal-hal terkait lainnya, silakan menghubungi @bappebti melalui http://www.bappebti.go.id/ atau SMS Center Bappebti 0811-1109901 atau telepon (021) 31924744.

Foto: Instagram.com/kemendag

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler