Perjalanan Panjang Esteban Vizcarra Sebelum Berkostum Persib

Bandung - Esteban Vizcarra menjadi pemain baru Persib Bandung untuk mengarungi Piala Indonesia dan Liga 1 2019. Hari ini, pemain naturalisasi berdarah Argentina itu pun secara resmi diperkenalkan di Graha Persib, Kota Bandung.

Bagi Vizcarra, Persib bukan hal baru. Sebab, di awal kedatangannya ke Indonesia jelang kompetisi musim 2009/2010, ia pernah mengikuti seleksi di klub berjuluk 'Maung Bandung'.

Saat itu, peruntungan pemain berposisi gelandang serang itu justru gagal. Pelatih Persib saat itu, Daniel Darko Janackovic, tidak tertarik menggunakan jasa Vizcarra.

Karir profesionalnya di Indonesia justru dimulai dari Pelita Jaya setelah gagal seleksi di Persib. Ia kemudian sempat lama menjadi bagian Semen Padang di musim 2010-2015.

Di klub berjuluk 'Kabau Sirah' itu, penampilan Vizcarra cukup memukau. Ia kemudian direkrut Arema FC di musim 2015 hingga 2017. Pencapaian terbaiknya adalah membawa Arema menjuarai Piala Bhayangkara 2017.

Di musim 2018, ia hijrah ke Sriwijaya FC di bawah asuhan pelatih Rahmad Darmawan. Tapi, kisah kelam dialami Vizcarra karena di akhir musim Sriwijaya FC justru degradasi. Tapi, ada cerita manis tersendiri di Sriwijaya FC. Ia berhasil mendapatkan status sebagai warga negara Indonesia (WNI) dan membuatnya jadi bagian Timnas Indonesia pada 2018.


Kini, takdir membawanya ke Persib yang sejak awal kedatangan ke Indonesia ingin diperkuatnya. Ia bahkan menolak banyak tim yang ingin memburu tanda tangannya.

Tawaran bergabung dari Persib membuatnya tidak berpikir panjang. Sebab, sejak awal ke Indonesia, ia menjadikan Persib sebagai klub impiannya.

"Ada 10 tim yang menghubungi saya sebelum saya putuskan gabung ke Persib," kata Vizcarra.

Ia mengaku sangat bahagia saat ini. Sebab, ia sempat beberapa kali dirumorkan akan ke Persib. Tapi, kini mimpinya benar-benar terwujud. Ia pun tinggal mewujudkan mimpi berikutnya bersama Persib.

"Senang sekali bisa gabung Persib. Dari dulu rumor-rumor ya, tapi alhamdulillah sekarang sudah resmi. Saya akan kasih (penampilan) maksimal di sini, mudah-mudahan bisa bawa Persib juara ya," tutur pria 32 tahun itu.

Selain Vizcarra, di skuat Persib sebenarnya contoh lain buah dari kesabaran dan kerja keras. Ada sosok Erwin Ramdani dan Abdul Aziz yang merupakan putra asli Jawa Barat.

Keduanya harus melanglangbuana ke beberapa tim. Setelah tampil apik bersama tim lain beberapa tahun, takdir membawa mereka bergabung musim ini ke Persib yang merupakan klub impiannya.

Nah, TemanBaik, apa yang dijalani Vizcarra, termasuk Erwin Ramdani dan Abdul Aziz, bisa jadi contoh. Perjuangan panjang, kerja keras, dan kesabaran suatu saat akan jadi jalan untuk mewujudkan mimpi.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler