Unik! UGM dan PLN Bikin Becak Listrik

Yogyakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) dan PT PLN (Persero) berkolaborasi untuk menciptakan becak listrik. Becak hasil kolaborasi keduanya sudah diluncurkan secara resmi di Kampus UGM, Yogyakarta, pada Jumat (18/1/2019).

Dengan becak listrik itu, sang pengemudinya tidak perlu lagi mengayuh menggunakan kaki. Sehingga, akan sangat menghemat energi karena becak melaju menggunakan tenaga listrik.

Hal itu diapresiasi Menteri ESDM Ignasius Jonan. Keberadaan becak listrik itu dinilai sangat manusiawi di era modern.

"Yang penting itu adalah mengoperasikan becaknya. Zaman segini masak masih ada yang ngayuh becak, itu tidak manusiawi," kata Jonan di laman resmi Kementerian ESDM.

Ia berharap becak listrik itu bisa diproduksi secara massal. Salah satu manfaat terbesar yang diharapkan adalah peningkatan ekonomi dan daya tarik pariwisata.

"Saya menganjurkan setelah pembuatan becak listrik dilanjutkan dengan bekerjasama dengan industri kita supaya bisa diproduksi lebih banyak lagi," tuturnya.

Jonan pun yakin Gubernur DIY, bahkan gubernur lain, akan membuat regulasi agar becak listrik itu hadir di berbagai daerah. Sebab, becak listrik bisa bermanfaat besar untuk sektor pariwisata.

Hadirnya becak listrik pun tidak akan mengurangi tenaga kerja, terutama pengayuh becak. Sebab, becak itu tetap harus dioperasikan oleh manusia. Di saat yang sama, becak listrik tidak menjadi sumber polusi karena ramah lingkungan.

"Saya yakin bapak Gubernur DIY atau bapak-bapak gubernur yang lain itu akan membuat regulasi supaya becak listrik ini berjalan. Karena bisa dimanfaatkan untuk pariwisata dan tidak akan menghapus lapangan kerja yang telah ada," ungkap Jonan.


Foto: dokumentasi Kementerian ESDM

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler