Jelang Pemilu 2019, KPU Telah Siapkan Sistem Penghitungan Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) ingin membangun transparansi dan menjaga kepercayaan publik. Salah satu bentuk dari transparansi tersebut adalah penggunaan Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng). Situng akan digunakan sebagai sarana informasi dalam pelaksanaan penghitungan suara dan rekapitulasi serta penetapan hasil Pemilu. 

Situng adalah aplikasi berbasis teknologi andalan yang dikeluarkan oleh KPU yang mampu menampilkan hasil pemilihan secara akurat dan realtime. Sebelumnya, aplikasi Situng juga telah digunakan pada Pemilu pada tahun 2014 yang lalu. Perbedaannya terletak pada perhitungan suara yang kini akan digabung menjadi satu.

KPU juga telah menggelar sosialisasi Situng yang dihadiri sejumlah stakeholder pada Jumat (18/1/2019). Selain itu, hadir pula peserta Pemilu, seperti Partai Politik, Tim Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor 01 dan 02.

Melansir laman Kpu.go.id, Ketua KPU, Arief Budiman berharap Situng menjadi cara KPU untuk kepemiliuan yang transparan. "Ini cara KPU untuk menunjukkan kerja-kerja kepemiluan yang transparan, profesional, berintegritas dan berkualitas. Jadi pemilu ini akan diercaya publik, bagian pentingnya kan itu, publik harus dibangun kepercayaannya sejak penyelenggara direkrut, prosesnya dijalankan, sampai hasilnya ditetapkan," ungkap Ketua KPU, Arief Budiman di Ruang Sidang Utama, Gedung KPU, Jakarta.

Lewat Situng, masyarakat juga dapat mengetahui hasil perhitungan suara secara terperinci mulai dari tingkat paling bawah yakni Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai tingkat nasional. Arief juga berharap dengan proses yang transparan, kepercayaan akan tumbuh maka hasilnya bisa diterima siapapun dan menghindari terjadinya konflik.

Foto: Instagram.com/kpu_ri

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler