Kenal Lebih Dekat dengan Politikus Muda Rian Ernest

Saat ini ada banyak anak muda yang memilih untuk terjun ke politik, salah satunya adalah Rian Ernest. Pria yang satu ini merupakan mantan staf pribadi Gubernur DKI Jakarta terdahulu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ketertarikannya terhadap politik bisa dibilang mulai terlihat ketika Rian bersekolah di SMAN 82 Jakarta Selatan. Kala itu Rian gemar mempelajari pelajaran Tata Negara yang merupakan salah satu dari sekian pelajaran yang ia sukai.

Lewat pelajaran Tata Negara, ia kemudian memiliki wawasan tentang berbagai lembaga negara mulai dari fungsi dan wewenangnya sampai mengetahui tentang pentingnya lembaga negara dalam menentukan kemajuan suatu negara.

Ketertarikannya terhadap hal yang berbau negara lah yang kemudian membawanya mantap memilih berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) pada tahun 2005 silam.

Baca Ini Juga Yuk: Para Artis Beken yang Kini Total di Dunia Politik

Selepas lulus dari FHUI, pria kelahiran 24 Oktober 1987 ini kemudian bekerja di firma hukum Melli Darsa & Co, di sana ia bertugas di bagian hukum bidang pasar modal, perbankan, asuransi, mineral, dan migas. Ketika melakukan pekerjaannya, Rian banyak membantu melakukan audit hukum terhadap perusahan-perusahaan BUMN di Indonesia.

Berselang 1,5 tahun, pria berusia 31 tahun ini kemudian diajak oleh kawan lamanya yang bekerja dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk magang di Balai Kota. Rian lalu mendaftar untuk ikut seleksi dan wawancara, hingga akhirnya bisa magang selama 6 bulan di Balai Kota. Namun, karena selama magang memiliki kinerja yang bagus, ia malah ditarik menjadi staf pribadi Ahok selama dua tahun.

Selepas menyelesaikan pekerjaannya sebagai staf ahli Ahok, Rian mendapatkan beasiswa untuk meneruskan pendidikan masternya di Lee Kuan Yew School of Public Policy Singapura.

Selain pernah menjadi mantan staf ahli Ahok, Rian tercatat pernah ikut serta dalam Tim Transisi Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2014 untuk menyeleksi berbagai masukan dan rekomendasi orang-orang terpilih untuk menjadi pendamping Presiden Joko Widodo dalam menjalankan tugasnya.

Tak hanya itu, Rian juga merupakan salah satu peserta program Indonesia Mengajar pada 2011 lalu. Ia  ditugaskan mengajar selama setahun di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Sekarang pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini akan melaju sebagai calon legislatif DPR RI untuk mewakili wilayah DKI Jakarta III.


Foto: wikipedia 


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler