Indonesia Butuh 10 Ribu Ilmuwan Data di 2019, Apa Saja Bidangnya?

Bandung - TemanBaik punya keahlian di bidang statistik, matematika, fisika atau skill exact lainnya? Tahun 2019 Indonesia butuh sekitar 10 ribu ilmuwan data (data scientist) muda loh.

Chief Lembaga Riset Telematika Sharing Vision Dimitri Mahayana menyebutkan, digitalisasi mendorong jumlah big data melimpah. Di tahun 2020 jumlahnya diprediksi mencapai 35 triliun Gigabyte (GB), atau meroket 44 kali lipat jumlah produksi data di 2009. 

Tak hanya Amerika Serikat yang berani menggaji ilmuwan data hingga Rp 2 miliar per bulan, di tanah air data scientist juga digaji dengan nominal fantatis! TemanBaik penasaran kan, bidang apa yang wajib dibidik? Sharing Vision memilih beberapa profesi terpanas di 2019. Yuk simak

Baca Ini Juga Yuk: 5 Pekerjaan di Bidang Fesyen yang Harus Kamu Tahu

Ilmuwan Data Bidang Finansial
Bidang profesi finansial sangat luas loh TemanBaik, kita bisa jajal sejumlah perusahaan seperti perbankan, financial technology (fintech) dan berbagai lembaga keuangan. Seperti diketahui saat ini semua data dan transaksi keuangan sudah berbasis digital. Nah miliaran data inilah yang butuh pengolahan dari ilmuwan data.

Bidang Pemerintahan
Selain didominasi talent di bidang ilmu pemerintahan, di era digital seluruh kepala daerah dan roda pemerintahan semua harus berbasis data. Agar tepat sasaran, permasalahan anggaran, kependudukan, rencana pembangunan dan pemetaan wilayah harus terukur dari parameter data yang lengkap dan akurat.

Bidang Telekomunikasi
Boleh dibilang, telekomunikasi menjadi tulang punggung dari berbagai industri di dunia. Di Indonesia pertumbuhan telekomunikasi juga sedang berkembang pesat, baik diperkotaan maupun pedesaan. Saat ini, ranah telko juga lagu butuh SDM mumpuni yang punya skill mengolah data yang jumlahnya semakin membludak.

Lintas Industri
Memasuki revolusi industri 4.0, hampir seluruh perusahaan sudah bertransformasi ke arah digital. Dengan adanya pergeseran tren itu, setiap perusahaan butuh tenaga ahli yang khusus menangani big data. Biasanya keahlian yang paling dibutuhkan berkaitan dengan pemrograman dan urusan coding.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler