#BhayPlastik Cara Kreatif Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

Bandung - Tren mengurangi penggunaan sampah plastik kini semakin meluas di masyarakat. Di media sosial, tagar gerakan #BhayPlastik juga lagi menjadi trending banget loh di 11 kota besar di Indonesia.

"Kami percaya, perubahan besar dapat dimulai dari sebuah aksi yang sederhana. Melalui #BhayPlastik, sebagai perusahaan telekomunikasi Telkomsel pengin memberikan perubahan besar bagi lingkungan, caranya dengan mengajak semua orang mulai mengubah kebiasaannya dalam penggunaan plastik," ujar General Manager Prepaid Brand and Communications Telkomsel, Abdullah Fahmi kepada BeritaBaik.

Ia menuturkan, gerakan sosial yang dimulai Desember 2018 ini punya misi menyebarkan kesadaran lingkungan dan mengajak masyarakat lebih bijak dalam menggunakan plastik. Tagar #BhayPlastik menebar banyak pesan baik seperti seperti mendaur ulang plastik bekas menjadi barang bermanfaat, mengganti penggunaan plastik sekali pakai, tas, dan sedotan plastik dengan tumbler, tote bag, dan stainless straw, dan masih banyak lagi.

Baca Ini Juga Yuk: 4 Kota di Indonesia yang Sudah Menerapkan Diet Kantong Plastik

Untuk mengajak lebih banyak lagi masyarakat yang terlibat dalam #BhayPlastik, diselenggarakan juga festival di 11 kota, seperti Medan, Pekanbaru, Lampung, Serang, Bogor, Cirebon, Semarang, Malang, Balikpapan, Makassar, dan Manado

"Saat festival masyarakat juga bisa ikutan Trash Run, yaitu lari santai atau fun run yang dilakukan sambil mengambil sampah di sepanjang jalur lari. Kita pengin memberikan contoh baik kepada masyarakat sekitar," katanya.

Selain Trash Run, aksi positif juga dihelatkan lewat Plastalk, yakni edukasi mengenai bahaya sampah plastik dan cara merubah plastik bekas menjadi karya yang berguna dan bernilai ekonomis. Bahkan ada juga loh Plastic Police, berupa ajakan mengurangi kantong plastik sambil membagikan tote bag gratis kepada konsumen yang datang ke convenience store.


Foto Tsel Area 2 Jabodetabek Jabar

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler