Asyik! Tol Dalam Kota Bandung Ini Diusulkan Bisa Dilewati Motor

Bandung - Rencana pembangunan Tol Dalam Kota Bandung masih terus dibahas. Ada berbagai hal yang perlu dibahas secara mendalam agar rencana semakin matang dan bisa direalisasikan.

Tol dalam kota akan dibangun dengan tujuan besar mengurai kemacetan. Tol itu rencananya akan berada mulai dari Jalan Pasirkota hingga Jalan Supratman sepanjang 14,3 kilometer.

Bukan hanya mobil, saat ini sedang diupayakan agar sepeda motor nantinya bisa masuk ke dalam tol dalam kota. Sebab, sepeda motor di Kota Bandung berjumlah sangat banyak dan jadi salah satu penyebab padatnya arus lalu lintas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan usulan itu sudah disampaikan pada PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) sebagai inisiator pembangunan tol dalam kota.

"Tol dalam kota ini kita inginnya memecah kemacetan sebagai solusi dari volume kendaraan yang banyak. Kita sampaikan kalau memungkinkan tol dalam kota ini juga mengakomodir kendaraan roda dua," kata  di Taman Sejarah, Kota Bandung, Kamis (24/1/2019).


Tapi, belum ada keputusan apakah jalur sepeda motor akan bisa direalisasikan atau tidak. Sebab, jika usulan itu diakomodir, di tol dalam kota nantinya harus ada jalur khusus bagi pengguna sepeda motor.

"Mereka (PT CMLJ) sedang menghitung karena lajurnya pasti bertambah lebar. Untuk kendaraan roda empat saja harus dua lajur, kalau ditambah dengan roda dua mungkin akan bertambah lajurnya. Ini sedang mereka perhitungkan," jelas Arief.

Lalu, kenapa sepeda motor diusulkan bisa memasuki tol dalam kota? Alasan utamanya jelas karena volume sepeda motor di Kota Bandung terus bertambah.

Rata-rata, dalam sehari saja di Kota Bandung akan 300 STNK sepeda motor yang dikeluarkan Samsat. Itu berarti setiap hari ada 300 sepeda motor baru yang digunakan warga.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat, dalam seminggu rata-rata ada 300 STNK yang dikeluarkan. Sehingga, bisa dibayangkan berapa jumlah kendaraan baru di Kota Bandung dalam setahun.

Dengan kondisi seperti itu, wajar jika kemacetan jadi salah satu masalah utama di Kota Bandung. Saat kendaraan terus bertambah, sebaliknya jumlah jalan dan lebarnya kurang memadai.

Tol dalam kota pun diharapkan jadi solusi realistis untuk mengatasi kemacetan. Targetnya, tol dalam kota akan selesai dibangun pada 2021 mendatang.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler