Cerita Yanna Marvells Di Balik 'Lagu Kebangsaan' Bobotoh

Bandung - "Biru di hatiku, biru di jiwaku. Biru di hatiku, kami mendukungmu," begitu penggalan lirik lagu 'Kami Biru' yang diciptakan Yanna, vokalis Marvells Band.

Sejak 2018, lagu itu memberi warna tersendiri di setiap pertandingan Persib Bandung. 'Kami Biru' sering dinyanyikan secara massal oleh puluhan ribu Bobotoh, sebutan suporter Persib, yang memenuhi stadion.

Lagu itu merupakan representasi kecintaan Yanna terhadap Persib, klub sepakbola kebanggaannya. Kami Biru jadi gambaran bagaimana kesetiaan Bobotoh dalam mendukung Persib.

Tapi, ada cerita tersendiri di balik lagu yang cukup populer di kalangan Bobotoh itu. Sejak awal diluncurkan, tidak semua pihak memuji karya Yanna tersebut. Banyak yang memuji, tapi banyak juga yang mencaci lagu itu.

"Pengalaman bikin lagu tentang Persib, memang ada pro dan kontra. Pasti ada yang nge-bully," ujar Yanna.


Menurutnya, membuat karya yang berhubungan dengan klub berjuluk 'Maung Bandung' pasti menuai pro dan kontra. Hal itu dinilai biasa. Sehingga, ia tidak kaget ketika karyanya dipuji sekaligus dicaci.

"Maksudnya, ketika kita melakukan apapun untuk Persib, ketika ada yang nge-bully, kita harus sadar bahwa Persib adalah tim besar," tuturnya.

Hal itu juga jadi gambaran bagaimana ia terus berusaha berkarya, baik secara solo maupun bersama Marvells Band. Pro dan kontra dalam berkarya tidak membuatnya patah semangat.

Ia sendiri tidak menyangka lagu 'Kami Biru' akan menjadi 'lagu kebangsaan' Bobotoh di stadion saat menyaksikan Persib berlaga. Ada rasa kebanggaan yang tidak mampu dinilai dengan materi.

"Luar biasa ketika lagu itu ternyata dinyanyikan massal oleh Bobotoh di stadion. Itu enggak bisa dibeli dengan uang (kebanggaannya)," tutur Yanna.

Soal lagu 'Kami Biru', ia punya alasan tersendiri kenapa menciptakannya. Ia ingin membuat anak-cucunya kelak merasa bangga. Sebab, ayahnya memiliki kecintaan dan bukti nyata dalam mendukung Persib.

"Ini akan jadi oleh-oleh untuk anak-cucu. Suatu saat anak saya akan bilang 'bapak saya yang bikin Kami Biru'," ungkap Yanna.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler