Makin Cantik! Stasiun Yogyakarta Sekarang Punya Monumen Lokomotif

Yogyakarta - Pemandangan berbeda kini nampak di pintu utama sisi selatan Stasiun Yogyakarta. Sebuah monumen lokomotif D301 berwarna kuning nampak mempercantik stasiun ini. Lokomotif ini kini terpasang manis di halaman depan stasiun yang dapat dilihat oleh pengunjung maupun pejalan kaki.

Lokomotif D301 sendiri merupakan lokomotif Diesel yang dulunya mulai dioperasikan pada tahun 1961. Sebelum dijadikan monumen, lokomotif ini telah menjalani perawatan agar terlihat seperti baru.

Lokomotif tersebut diangkut dari Balai Yasa Pengok menggunakan truk tronton menuju Stasiun Yogyakarta untuk dijadikan monumen. Pengiriman dillakukan pada tengah malam agar tidak mengganggu arus lalu lintas. Menjelang dini hari lokomatif sudah tiba di Stasiun Yogyakarta.

Dengan adanya monumen lokomotif tersebut diharapkan Stasiun Yogyakarta semakin ikonik dan mampu menghadirkan suasana khas. Selain itu, diharapkan suasana jadi semakin indah di pintu selatan, sehingga membuat masyarakat semakin mencintai kereta api.

Bersamaan dengan monumen, PT Kereta Api Indonesia juga telah meresmikan Toilet Portable pada 12 Desember 2018 yang lalu. Hadirnya toilet ini untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang serta untuk mempercantik stasiun. Sebelumnya, KAI hanya menyediakan toilet di Zona 1 dan 2 yang berada di dalam stasiun yang mengakibatkan pengunjung stasiun kesulitan mendapatkan fasilitas toilet.

Foto: Kai.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler