Wah! Sampah Plastik di Jabar Nantinya Bisa Ditukar Jadi Emas

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menggulirkan program Sampah Jadi Emas. Lewat program itu, sampah industri berupa botol plastik atau kaleng bisa ditukar atau dikonversi menjadi emas. Beneran emas loh!

"SAMPAH JADI EMAS. Warga Jawa Barat, siap-siap, sambil mengurangi penggunaan plastik untuk belanja, jika ada sampah plastik industri yang sudah jadi sampah (botol plastik minuman dll), sekarang bisa ditukar menjadi harta berbentuk Emas (Waste to Gold) melalui PT PEGADAIAN yang hobi mengatasi masalah tanpa masalah," tulis Emil, sapaan akrabnya, dalam unggahan di akun Instagram @ridwankamil, Jumat (1/2/2019).

Secara umum, program itu dibuat untuk mengurangi produksi sampah di Jawa Barat. Sehingga, diharapkan ke depan warga Jawa Barat semakin peduli akan kebersihan. Apalagi, di saat yang sama, justru sampah itu jadi sesuatu yang menguntungkan bagi masyarakat.

Saat ditemui di Gedung Sate, Emil mengatakan sampah itu akan ditampung di Bank Sampah. Setelah dihitung, nantinya sampah itu akan disesuaikan nilainya setara dengan emas. "Nanti (sampahnya) ditampung oleh Bank Sampah yang didirikan, ditulis berapa kilonya, nanti dikonversi jadi nol sekian gram emas," ungkapnya.

Baca Ini Juga Yuk: #BhayPlastik Cara Kreatif Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

Semakin banyak sampah yang dikumpulkan dan diserahkan ke Bank Sampah, maka otomatis akan semakin besar emas yang bisa didapat. Bahkan, ia berkelakar dari sampah justru bisa menjadi mas kawin. "Kalau rajin, ujungnya bisa menikah dengan (emas hasil konversi) sampah yang dikumpulkan," tutur Emil.

Sebagai percontohan awal, program itu akan dimulai di Kabupaten Pangandaran dalam waktu dekat. Alasan utamanya, di Pantai Pangandaran banyak sampah plastik. Jumlah sampah plastik di pantai itu bahkan mencapai sekitar 80 persen.

"Karena kita prihatin pantai wisata (Pangandaran) ini hampir 80 persen sampahnya plastik. Maka, program ini secara resmi dimulai di Pangandaran yang konsumen dan pengunjungnya banyak dan biasanya banyak nyampah plastik," jelas Emil.

Sementara untuk sampahnya sendiri, nantinya akan dimanfaatkan. Contohnya, sampah plastik akan diolah menjadi solar atau bahan bakar diesel.

Nah, warga Jawa Barat, sebaiknya siap-siap ya dari sekarang. Manfaatkan sampah agar memiliki sisi positif. Yang tak kalah penting, mengurangi produksi sampah akan membuat lingkungan jauh lebih bersih kan.


Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler