Keren! Warga Riung Bandung Bikin Paving Block dari Sampah Plastik

Bandung - Gerakan Pisahkan, Kurangi dan Manfaatkan alias ‘Kang Pisman’ memberikan semangat bagi warga dalam hal mengelola sampah. Seperti warga RW 12 dan 14 Riung Bandung, Kelurahan Cisranten Kecamatan Gedebage yang membuat paving block dari sampah plastik.

Lewat keterangan tertulis, Ketua DKM Nurul Fikri RW 14 Riung Bandung, Badru Hidayat mengungkapkan kalau warga RW 14 dan RW 12 telah melakukan ‘Kang Pisman’. Mulai dari memisahkan hingga menyetorkan ke bank sampah yang terdapat di wilayah tersebut. Kemudian, sampah-sampah plastik itu diproduksi menjadi paving block. "Kami bisa mengolah 15 kilogram sampah plastik. Salah satu produknya, paving block,” ungkap Badru.

Baca Ini Juga Yuk: Warga Kompak, Siskamling Sekeburuy Jadi Terbaik Kedua di Bandung

Wali Kota Bandung, Oded M Danial sangat mengapresiasi kreativitas warga RW 12 dan 14. Sebab, hal tersebut menunjukkan kalau warga sudah membantu Pemerintah Kota Bandung dalam menangani permasalah sampah, khususnya sampah plastik."

Di sini masyarakat sudah punya inovasi pemanfaatan sampah. Mereka memanfaatkan sampah plastik menjadi paving block. Ini kualitasnya bagus sekali. Itu adalah salah satu cara mengimplementasikan slogan Bebersih Bandung," ucap Oded.

Dalam kesempatan tersebut, Oded juga menambahkan kalau membuat Kota Bandung bersih tidak melulu soal sampah. Bebersih atau membersihkan Bandung juga berarti bersih lahir batin dan bersih itikadnya.

Oded juga mengajak warga untuk melaksanakan salah subuh berjamaah di masjid. Sebab menurutnya, salat subuh tidak hanya sekadar melaksanakan kewajiban sebagai muslim, namun juga merupakan pondasi awal membangun Bandung. “Banyak fadilah salat Subuh berjemaah. Sekurang-kurangnya, manfaat salat subuh berjamaah di masjid adalah bisa menghirup udara segar," tambahnya.


Foto: Humas Kota Bandung


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler