Catat! Ini 5 Hal Penting Buat Kamu Peserta SNMPTN 2019

Bandung - Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 tinggal beberapa tahap lagi loh! Pengisian Pengkalan Data Sekolah dan Sisa (PDSS) telah resmi ditutup pada Minggu (27/1/2019) yang lalu. PDSS sendiri dilakukan oleh pihak sekolah, dan bagi siswa yang namanya tidak didaftarkan pada tahap ini, maka kamu enggak akan bisa mengikuti SNMPTN 2019.

Bagi TemanBaik yang namanya sudah didaftarkan pada tahap PDSS oleh pihak sekolah, sekarang saatnya mengetahui apa saja hal yang perlu kamu perhatikan tentang SNMPTN 2019. Biar setiap tahapannya enggak terlewat, simak hal-hal berikut ini yuk!

Jadwal SNMPTN 2019

Setelah PDSS, verifikasi data oleh peserta baru bisa dilakukan mulai 27 Januari 2019 pukul 18.01 WIB sampai 29 Januari 2019 pukul 10.00 WIB. Kemudian peserta akan mengikuti pendaftaran SNMPTN pada tanggal 4 sampai 14 Februari 2019. Setelah melakukan pendaftaran, para peserta tinggal menunggu hasil pengumuman lolos atau tidak di SNMPTN 2019 pada 23 Maret 2019 mendatang. 

Persyaratan

Persyaratan sekolah peserta SNMPTN adalah siswa berasal dari SMA/SMK/MA yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Untuk ketentuan akreditasi A: 40 persen terbaik di sekolahnya, B: 25 persen terbaik di sekolah, C dan lainnya 5 persen terbaik di sekolahnya. Selanjutnya peserta mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Baca Ini Juga Yuk: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Diluncurkan, Ini Tujuannya

Persyaratan siswa peserta SNMPTN adalah siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2019 dan memiliki prestasi akademis yang baik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Selanjutnya, peserta harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di PDSS. Lalu, peserta juga harus mempunyai nilai rapor semester 1-5 yang telah diisi oleh pihak sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1-7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun. 

Pengisian dan Verifikasi PDSS

Kepala Sekolah atau pihak yang ditugaskan mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui situs pdss.snmptn.ac.id untuk mendapatkan password. Passowrd tersebut nantinya akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi. 

Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah, data yang diisi dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pemeringkatan

Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran. Jurusan IPA, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. Jurusan IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. 

Baca Ini Juga Yuk: Ini Alasan Kenapa Kampus Swasta Juga Bisa Jadi Pilihan Kuliah

Jurusan Bahasa, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing. Dan SMK, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan). Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan LTMPT, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan Akreditasi 

Pendaftaran

Peserta yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Setelah mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada), peserta harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan. 

Selanjutnya siswa pendaftar tinggal mencetak Kartu Bukti Pendaftaran yang nantinya digunakan sebagai tanda bukti peserta SNMPTN 2019. Semoga berhasil ya, TemanBaik!


Foto: snmptn.ac.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler