Serunya Keliling Vihara di Bandung Sambil Tur Malam Imlek

Bandung - Menyambut Tahun baru Imlek 2570 yang jatuh pada 5 Februari 2019, komunitas Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (Jakatarub) bekerja sama dengan Sahabat Lintas Iman (Salim), serta vihara dan rumah-rumah ibadah di sekitar Jalan Kelenteng dan Cibadak Kota Bandung menggelar acara bertajuk 'Tur Malam Imlek'. 

Kegiatan yang dimulai sejak tahun 2012 ini awalnya dinisiasi oleh salah seorang pengurus Jakatarub bernama Lioe Kim Yie atau yang akrab dipanggil Koh Akim. 'Tur Malam Imlek’ diharapkan menjadi ruang pertemuan warga Tionghoa untuk mendiskusikan identitas dan keyakinannya.

BeritaBaik berkesempatan berbincang dengan salah seorang pengurus Jakatarub, Risdo Simangunsong mengenai kegiatan yang seru dan unik ini.

"Tur malam imlek itu intinya perjumpaan dan edukasi keberagaman buat masyarakat umum tentang agama dan tradisi warga Tionghoa di Indonesia, secara khusus ini juga bentuk silaturahmi di Tahun Baru Imlek," tutur Risdo pada BeritaBaik, Senin (4/2/2019) malam.

Kegiatan ini digelar pada 4 Februari 2019, dimulai dari pukul 18.00 hingga pukul 22.00 dengan peserta dari berbagai komunitas lintas agama, literasi, seni budaya bahkan pribadi. Tidak hanya melakukan tur, para peserta juga akan berdiskusi mengenai berbagai hal seputar tradisi Imlek.

"Jakatarub mendampingi peserta dari berbagai komunitas lintas agama mengunjungi rumah-rumah ibadah Tionghoa (Klenteng, Vihara, Tao Kwan dan Kongmiao). Di sana peserta akan berkunjung dan berdiskusi," jelas Risdo.

Pada Tur Malam Imlek kali ini menu kunjungannya cukup beragam. Dimulai dari Klenteng Besar, yang akan membahas soal Budaya Tionghoa di Indonesia dan Bandung. Dilanjutkan kunjungan ke Vihara Thanda Bhakti membahas Imlek dalam tradisi umat Tionghoa Buddha serta Vihara Dharma Ramsi dengan materi Imlek dalam konsep Tri Dharma.

Setelah itu, dilanjutkan dengan mengunjungi Kong Miao Cibadak dengan pembahasan Imlek dalam pemaknaan Khonghucu. Rangkaian tur ditutup dengan kunjungan ke Tao Kwan Sinar Mulia dengan materi Imlek dalam tradisi Tao.

Tertarik untuk ikutan 'Tur Malam Imlek' selanjutnya? TemanBaik bisa mendaftarkan diri ketika menjelang Tahun Baru Imlek melalui narahubung Asifa 089620936908. Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya alias gratis!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler