Ini Cara Nyoblos Buat Perantau di Pemilu 2019

Bandung - Pemilu tinggal sebentar lagi, tapi pada hari pemilihan kamu tidak bisa ke kampung halaman. Jangan khawatir, kamu yang khususnya sedang merantau di kota lain masih bisa menggunakan hak suaramu kok, TemanBaik.

Namun, untuk bisa tetap menggunakan hak pilihmu, TemanBaik harus menjalani beberapa proses yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Prosesnya tidak sulit kok, kamu hanya perlu mengurus dokumen pindah memilih (Form A5) untuk tetap dapat menggunakan hak pilihmu.

Caranya adalah kamu harus memastikan nama kamu terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan mengunjungi situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Setelah itu, kamu bisa datang ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di kantor desa atau kelurahan atau bisa juga langsung datang ke KPU di kabupaten/kota asal yang sesuai dengan tanda pengenal dengan membawa e-KTP, lalu memberi tahu mereka untuk pindah memilih.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Gunakan Hak Pilih dalam Pemilu

Selanjutnya, pihak PPS dan KPU akan membuatkan dokumen surat pindah memilih yang nantinya bisa kamu serahkan ke KPU di kabupaten atau kota tujuan memilih.

Namun, jika TemanBaik tidak memungkinkan untuk datang dan mengurus langsung ke PPS atau KPU kota/kabupaten asalmu, kamu bisa langsung mendatangi KPU kabupaten atau kota yang sesuai dengan domisili saat ini untuk minta dibuatkan dokumen pindah memilih.

Nah, karena waktu yang disediakan oleh KPU pusat hanya sampai 17 Febuari nanti, sebaiknya bagi kamu yang sedang merantau bisa mengurusnya sedari sekarang, agar pada hari pemilihan nanti kamu bisa tetap menggunakan hak pilihmu. 


Foto ilustrasi Pexels.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler