Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Warga Saat Kampanye

Bandung - Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tinggal sebentar lagi, sebagai warga negara yang baik, kamu harus memerhatikan hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama kampanye berlangsung. Biar kampanye berjalan dengan lancar, yuk bersama-sama sukseskan dan perhatikan hal-hal berikut ini.

Hal yang boleh dilakukan:

Kesadaran Politik

Kesadaran politik adalah hak sekaligus kewajiban sebagai warga negara. Tingkat kesadaran politik diartikan sebagai tanda bahwa masyarakat telah memberikan perhatian terhadap masalah kenegaraan serta pembangunan negara. 

Partisipasi

Ada dua bentuk partisipasi politik yang berkaitan dengan momen pemilu, yakni ikut serta dalam berkampanye dan menggunakan hak suara untuk memilih. Partisipasi politik sudah seharusnya disadari agar menghasilkan pilihan yang matang. 

Diskusi Politik

Selain kesadaran dan turut berpartisipasi, warga juga perlu menaruh perhatian terhadap proses-proses politik dan pemerintahan dengan melakukan diskusi yang baik bersama teman atau kelompok. Untuk berdiskusi, maka kamu perlu mengikuti perkembangan informasi politik dan pemerintahan terkini.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Cara Nyoblos Buat Perantau di Pemilu 2019

Memahami Media

Kamu juga berhak mengamati dan menggunakan media sosial sebagai media ekspresi politik dengan bijak. Penggunaan media sosial dalam politik sebaiknya juga bertujuan membangun dan tidak menimbulkan perselisihan. 

Hal yang tidak boleh dilakukan:  

Menyebarkan Berita Bohong

Sebagai warga negara yang baik dan mendukung politik yang sehat, kamu dilarang menyebarkan berita bohong atau hoax. Berita bohong biasanya mengandung informasi negatif yang dapat mengancam demokrasi dan mengarah pada perselisihan.

Menyebarkan Kebencian

Menyebarkan kebencian dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan juga dilarang untuk dilakukan. Hati-hati dalam membuat konten atau membagi sesuatu ya, TemanBaik.

Baca Ini Juga Yuk: Tsamara Amany Jadikan Instagram untuk Diskusi Politik

Menghina

Kamu juga dilarang menghina seseorang, agama, suku bahkan ras calon atau peserta pemilu lain selama masa kampanye berlangsung.

Kampanye Hitam

Black campaign atau kampanye hitam adalah kampanye yang penuh fitnah dan kebohongan tentang lawan politik. Kamu dilarang melakukan kampanye penuh fitnah pada calon yang tidak kamu pilih. Black campaign adalah cara butuk yang sangat merusak demokrasi, jangan sampai kamu lakukan ya!


Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler