Fakta Menarik Tentang Pos yang Bisa Kamu Tahu

Bandung - Apakah TemanBaik pernah mengalami berkirim surat melalui layanan pos yang dimiliki PT Pos Indonesia? Sebelum hadirnya ponsel dan beragam aplikasi pesan instan yang canggih, banyak orang memanfaatkan kantor pos untuk memberikan kabar kepada orang terdekat lewat pos loh.

Sayangnya dengan semakin berkembangnya zaman, minat orang-orang untuk berkirim surat jadi berkurang. Padahal cara tersebut cukup menyenangkan loh, TemanBaik. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang pos yang bisa kamu ketahui. Yuk simak!

Didirikan Sejak 1746
Kantor pos pertama didirikan oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff di Batavia atau yang kini dikenal dengan nama Jakarta pada tanggal 26 Agustus 1746. Keberadaan kantor pos ini bertujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, khususnya bagi mereka yang berdagang dan yang datang dari dan pergi ke Belanda.

Tradisi Surat Menyurat Ada Sejak 2000 Sebelum Masehi
Kegiatan surat-menyurat pertama kali dilakukan di dunia pada 2000 SM, tepatnya di Mesir. Yang unik adalah ketika itu surat ditulis pada sebuah mangkuk, papirus, sampai kain linen yang dibungkus dengan kain, kulit binatang, serta sayuran, untuk kemudian dikirim kepada penerima yang dituju. Kalau di Indonesia sendiri, tradisi surat-menyurat sudah ada sejak zaman kerajaan.

Baca Ini Juga Yuk: Ajak Milenial Jadi Filateli, PT Pos Luncurkan Prangko Shio Babi

Diantar dengan Cara Tradisional
Pada zaman dulu belum banyak kendaraan yang mampu mengakomodir kiriman-kiriman surat, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke penerima. Saat itu transportasi yang digunakan untuk mengantar surat adalah sepeda dan kuda.

Kartu Pos Pertama di Indonesia Terbit Pada 1874
Generasi kartu pos pertama di Indonesia mulai diterbitkan pada 1874 silam yang dikeluarkan secara langsung oleh pos negara. Ukurannya pun hanya sekitar 9x12 sentimeter saja.

Kartu Pos Dicetak Menggunakan Teknik Litografi
Karena teknologi zaman dulu belum secanggih era sekarang, kartu pos dicetak menggunakan teknik tradisional yaitu litografi. Litografi adalah sebuah metode untuk melakukan percetakan di atas permukaan yang licin, dan juga sebuah cara untuk memproduksi semikonduktor dan peralatan MEMS.

Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler