Pernah Jadi Korban, Atalia Berbagi Tip Hindari 'Si Belang'

Bandung - Ketua Tim Penggerakan PKK Jawa Barat Atalia Praratya berbagi pengalaman saat pernah terjangkit demam berdarah dengue (DBD). Ia mengatakan bukan hal ringan mengidap penyakit akibat nyamuk 'si belang' itu."Saya sendiri adalah orang yang pernah merasakan berat DBD itu," kata Atalia di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (8/2/2018).

Saat itu, ia mengaku merasa kepala pusing, perut yang tidak nyaman, otot dan sendi linu, hingga tidak berhasrat untuk makan. Ia pun membagi tip bagi masyarakat agar terhindar dari DBD.

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah menjalankan program 3M, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, hingga mengubur barang bekas.

"Tapi kalau untuk mengubur sekarang ada istilah baru yaitu memanfaatkan kembali. Kalau ada barang tidak terpakai, sebaiknya didaur ulang sehingga lebih bermanfaat," ungkapnya.

Di luar itu, ada hal lain yang juga harus dilakukan. Salah satunya adalah hindari menggantung pakaian bekas pakai. Sebab, pakaian itu bisa jadi tempat nyamuk bersarang.

Baca Ini Juga Yuk: Gaya Kelakar Ridwan Kamil dan Istri Saat Satu Panggung

"Mereka (nyamuk) biasanya mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat, biasanya di pakaian. Mereka juga sangat menyukai bau keringat manusia," jelas Atalia.

Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu pun mengimbau masyarakat untuk menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk. Mulai dari serai, lavender, hingga jahe di sekitar rumah. Ia juga menyarankan agar warga memelihara ikan yang doyan memakan jentik nyamuk, salah satunya ikan cupang.

Sementara itu, berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Jawa Barat, jumlah kasus DBD di Jawa Barat tergolong tinggi. Khusus untuk Januari, tercatat ada 2.461 kasus. "Dari jumlah 2.461 itu 18 orang di antaranya meninggal dunia," ucap Sekretaris Dinas Kesehatan Jawa Barat Uus Sukmara.

Mengerikan kan TemanBaik? Jangan sampai kamu jadi korban 'si nyamuk belang' alias nyamuk aedes aegypti sebagai penularnya. Yuk, jaga kebersihan dan waspada agar tidak terkena gigitannya!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler