Ridwan Kamil Gagas Segitiga Rebana, Bikin Penasaran Nih

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Pemprov Jawa Barat belum berhenti melahirkan inovasi loh TemanBaik. Masih ada berbagai inovasi yang segera dijalankan dengan tagline Jabar Ngabret alias Jabar Ngebut.

Salah satu yang akan dikebut adalah melakukan penataan kawasan Rebana, yaitu Cirebon, Patimban (Subang), dan Kertajati (Majalengka). Daerah ini akan jadi kawasan yang futuristik dengan kemajuan yang pesat loh.

"Kita akan segera merilis program kawasan segitiga Rebana. Nah, segitiga Rebana ini akan menjadi kawasan paling maju, futuristik di masa depan," kata Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (11/2/2019).

Kawasan sekitar nantinya akan jadi pusat pertumbuhan ekonomi. Sebab, akan ada ribuan pabrik yang berdiri untuk menopang geliat ekonomi di sana.

Pabrik-pabrik itu rencananya adalah pabrik pindahan yang saat ini berada di kawasan Sungai Citarum. Sehingga, nantinya kawasan itu diharapkan terbebas dari keberadaan pabrik.

"Industri-industri yang khususnya padat karya akan dipindahkan ke sana. Kita sudah bicara dengan Apindo, pabrik-pabrik sepanjang (Sungai) Citarum yang selama ini membuat plus-minus dan polemik, kita akan imbau untuk pindah ke sana," tuturnya.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Cara Ridwan Kamil Bikin Anak-anak Mencintai Budaya Lokal

Tapi, sabar dulu TemanBaik, prosesnya butuh waktu. Tahun ini, Emil mengatakan akan mulai melakukan studi perencanaan. Sedangkan tahap pembangunan konstruksi dimulai tahun depan."Sehingga di tahun ketiga sudah bisa pindah-pindah (pabrik dari sekitar Sungai Citarum ke kawasan Rebana)," jelasnya.

Emil pun akan mengupayakan agar daerah tersebut jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sehingga, nantinya APBN, perizinan, hingga urusan terkait perpajakan akan lebih mudah dilakukan.

Di saat yang sama, hal itu akan memberi manfaat besar bagi masyarakat. Sebab, daerahnya akan maju dalam berbagai hal. Sebagai contoh, saat ini sudah ada Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati. Ada juga Pelabuhan Patimban di Subang yang sedang diupayakan segera selesai pembangunannya dan beroperasi.

Kebayang enggak TemanBaik bagaimana kemajuan kawasan Rebana setelah adanya banyak pabrik dan beragam infrastruktur lainnya? Wah, jadi enggak sabar nih melihat kemajuan daerah-daerah itu.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler