Alasan Jangan Takut Laporkan Pelanggaran Pemilu

Bandung - Tahu enggak apa yang harus dilakukan TemanBaik menemukan dugaan pelanggaran pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019? Laporkan saja ke Badan Pengawas Pemilu alias Bawaslu!

Ya, enggak perlu takut kok TemanBaik. Sebagai pelapor, identitas kamu akan terjaga kerahasiaannya. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir berurusan dengan pihak yang diduga melakukan pelanggaran atau prosedur lainnya.

"Identitas pelapor setiap dugaan pelanggaran akan kita rahasiakan, tidak akan di-publish (diumumkan)," kata Ketua Panwaslu Kota Bandung Zaki M Zam Zam saat ditemui di Taman Sejarah, Kota Bandung, Selasa (12/2/2019).

Apa aja sih pelanggaran dalam pemilu? Salah satunya jelas adalah politik uang. Politik uang adalah pemberian uang atau barang dalam jumlah tertentu disertai ajakan memilih kandidat tertentu.

Kampanye yang dilakukan di tempat ibadah dan sekolah juga merupakan pelanggaran. Ketika menemukan ada aparatur sipil negara (ASN) alias PNS melakukan keberpihakan pada partai atau kandidat tertentu, itu juga ranah pelanggaran.


Di luar itu, ada beragam bentuk pelanggaran. Tapi, intinya kamu tidak perlu takut melapor ke Panwaslu. Bagaimana mekanisme melapor?

Kamu harus sediakan bukti pelanggaran tersebut, baik berupa barang, foto, maupun video. Berikan penjelasan kepada petugas pengawas pemilu.

Pelaporannya bisa kamu lakukan kepada pengawas pemilu di daerah masing-masing, tingkat kabupaten/kota, provinsi, bahkan pusat. Tapi, kamu disarankan melapor ke pengawas pemilu terdekat biar enggak repot.

Jika TemanBaik masih ragu-ragu atau takut melapor dugaan pelanggaran pemilu, kamu tidak perlu melakukan pelaporan. Tapi, minimal sebaiknya kamu menyampaikan informasi ke Bawaslu.

"Kalau tidak mau jadi pelapor karena ada syarat yang harus dilewati, minimal memberikan informasi awal kepada kami. Biar kami yang melakukan investigasi di lapangan (dan menanganinya). Itu aman," jelas Zaki.

Bahkan, Bawaslu Kota Bandung memberikan kemudahan bagi warga yang ingin melapor. Pelaporan dugaan pelanggaran pemilu bisa dilakukan melalui akun Instagram, yaitu @bawaslukotabandung.

"Boleh kalau mau memberikan informasi lewat medsos kita," ucap Zaki.

Sekarang udah enggak takut atau ragu lagi kan TemanBaik jika menemukaan dugaan pelanggaran pemilu?

Yuk, kita kawal proses demokrasi ini agar berjalan dengan lancar dan bersih. Jangan cuek lagi ya jika kamu menemukan dugaan pelanggaran pemilu!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler