Enjoy Nyeberang Jalan di Surabaya Diiringi Lagu Daerah

Surabaya - Surabaya- "Rek, Ayo Rek, Mlaku-Mlaku Ning Tunjungan. Rek Ayo Rek, rame rame bebarengan..."

Siapa sih yang tak kenal dengan lagu tentang Surabaya itu ?

Jalan Tunjungan memang menyimpan sejarah karena sejak jaman kolonial Belanda, daerah ini telah menjadi pusat bisnis yang menghubungkan berbagai toko dan restoran di Surabaya. Kini, untuk mengenang kisah historis tentang Jalan Tunjungan , kita dapat menikmatinya melalui sajian lagu yang didengarkan kala menyebrangi Jalan Tunjungan.

Hal ini menjadi inovasi yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya untuk mengurangi polusi udara.

Baca Ini Juga Yuk: Keren! Semarang Punya Tempat Sampah yang Bisa Bicara

Pedestrian Crossing Traffic Light atau Lampu Penyebrangan Jalan pada umumnya akan berbunyi "Tet Tot Tet Tot". Namun ke depannya berbagai kawasan di Surabaya akan disemarakkan dengan berbagai lagu lain yang mencerminkan karakteristik Jalan di Surabaya, seperti 'Semanggi Suroboyo' dan 'Gebyar-Gebyar' dengan durasi sekitar 20 detik.

Namun, ada juga beberapa kawasan yang tak dapat diberlakukan inovasi ini untuk menjaga ketenangan, seperti Lampu Penyebrangan Jalan yang dekat dengan sekolah dan rumah sakit.

"Biasanya kan kalau ada penyebrang jalan, lampu yang hijau tiba-tiba akan merah, padahal itu kita posisi lagi nyetir dengan kecepatan tinggi, ditambah dengan suara tet tot tet tot, kadang jadi agak gupuh (bingung), tapi di Jalan Tunjungan ini kita bisa lebih rileks dan tenang sembari menunggu pejalan kaki menyeberang jalan," ungkap Machfud, salah seorang mahasiswa yang kerap melewati Jalan Tunjungan.

Menarik ya TemanBaik..


Sumber Foto : Dishub Kota Surabaya

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler