Keren! Begini Hebatnya Disabilitas Saat Bermain Futsal

Bandung - Kegiatan SLB Futsal Competition 2019 di Lapangan Futsal 35, Kota Bandung, benar-benar menarik loh TemanBaik. Di sini, kamu bisa melihat bagaimana kehebatan anak-anak disabilitas, khususnya tunagrahita, bermain futsal.

Mereka berusaha tampil kompak satu sama lain untuk menjebol gawang lawannya. Liak-liuk, tembakan akurat, hingga selebrasi akan membuat TemanBaik berdecak kagum akan kemampuan mereka.

Kegiatan itu digagas Suchrich Project bekerjasama dengan Rumah Cemara. Total, ada enam tim dari enam SLB di Kota Bandung yang jadi peserta.

Saat bermain, setiap tim memainkan lima pemain. Satu atau dua di antaranya merupakan guru atau pendamping yang membantu mereka di lapangan.

Salah satu aksi kehebatan mereka adalah mampu melepas tendangan bebas yang langsung meluncur ke gawang. Keren loh TemanBaik tendangannya!

Divisi Media dan Sponsor SLB Futsal Competition 2019 Vinlie Vergio mengatakan kegiatan itu jadi sarana untuk melawan stigma di masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Kompetisi itu jadi bukti bahwa mereka bisa seperti anak-anak lainnya dan punya kemampuan hebat.

"Tunagrahita sendiri itu IQ-nya di bawah rata-rata, untuk konsentrasi aja susah, apalagi main futsal. Kita ingin jadi media bagi teman-teman dari SLB ini. Meski IQ mereka di bawah rata-rata tapi mereka bisa kok bermain (futsal)," kata Vinlie, Rabu (13/2/2019).

Baca Ini Juga Yuk: Djumono, Pria Tanpa Kaki Jadi Penyemangat Penyandang Disabilitas

Untuk memantik semangat anak-anak disabilitas itu, panitia menghadirkan Eman Sulaeman. Eman merupakan mantan kiper Tim Nasional Indonesia yang berlaga pada Homeless World Cup (HWC) 2016 di Skotlandia.

Hadirnya Eman diharapkan jadi motivasi tambahan bagi mereka agar punya optimisme dalam menjalani kehidupan. Sebab, Eman yang tunadaksa mampu meraih prestasi dengan jadi kiper terbaik di ajang HWC 2016.

Pada puncak acara yang akan digelar Kamis (14/2/2019), rencananya akan dihadirkan gelandang Persib Bandung Dedi Kusnandar. Kehadirannya juga diharap memberi inspirasi bagi para disabilitas.

Sementara itu, Rizal Fahrezi (13), salah seorang peserta, mengungkap rasa senangnya. Ia senang karena bisa membuktikan kemampuannya dalam berolahraga. Bahkan, ia berhasil mencetak satu gol ke gawang lawan.

"Saya suka main bola. Pemain idola saya Lionel Messi. Saya nanti kalau sudah SMA mau ikut SSB karena cita-cita saya mau jadi pemain bola," tutur Rizal yang merupakan siswa SLB Ar Rahman.

Nah, TemanBaik, jika kamu masih belum percaya dengan kemampuan hebat anak-anak disabilitas dalam bermain futsal, kamu bisa datang langsung ke lokasi hari ini. Kamu juga bisa datang besok dan berkesempatan bertemu Dedi Kusnandar.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler