Yuk Jadi Menteri Keuangan Sehari, Begini Caranya

Bandung - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bekerja sama dengan Yayasan Plan International Indonesia (YPII) dan Youth Coalition for Girls (YCG) mengajak remaja perempuan Indonesia untuk menjadi Menteri Keuangan selama sehari. Acara tersebut merupakan kompetisi #GirlsTakeOver yang bertajuk ‘Yuk, Jadi Menteri Keuangan Sehari’. Seru banget ya, TemanBaik.

Kompetisi ini digelar buat memperingati International Women’s Day alias Hari Perempuan Internasional  yang diperingati setiap 8 Maret. Hari Perempuan Internasional sendiri diperingati untuk mendukung penghapusan diskriminasi terhadap perempuan di dunia.

Kompetisi #GirlsTakeOver mengajak perempuan Indonesia untuk membuat vlog berdurasi dua menit dan mengirimkannya secara online. Kompetisi ini mengangkat tema ‘Kesetaraan Bagi Perempuan di Kementerian Keuangan: Kalau kamu jadi Menteri Keuangan, program apa yang akan kamu lakukan untuk mendukung kesetaraan bagi perempuan?’.

Buat adik atau saudara perempuan kamu yang mau ikutan, perhatikan persyaratannya ya. Peserta adalah perempuan berusia 15-17 tahun, Warga Negara Indonesia dan bersedia mengikuti seluruh rangkaian acara. Peserta juga harus memiliki motivasi dan aktif menyuarakan hak anak serta kesetaraan bagi anak perempuan.

Baca Ini Juga Yuk: Tim Ini Pantau dan Stabilkan Keuangan di Tengah Tekanan Global

Registrasi online dilakukan lewat bit.ly/girlstakeovermenkeu dimulai dari 4-17 Februari 2019. Peserta yang telah melakukan registrasi selanjutnya akan diseleksi. Kemudian tiga kandidat terpilih akan diberangkatkan ke Jakarta dan diumumkan pada 25 Februari 2019. Sementara puncak acara akan diselenggarakan pada 6 Maret 2019.

Selama dua hari ketiga anak perempuan terpilih akan mendapatkan pelatihan dan pengetahuan mengenai kepemimpinan, serta proses terkait agenda memimpin dalam satu hari.

Dengan kompetisi ini, Kemenkeu berharap minat perempuan untuk menjadi menteri keuangan dan terlibat di posisi strategis semakin tinggi. Sebab, perempuan dapat ikut membuat perubahan jika hak-hak mereka terpenuhi dan diberi kesempatan yang sama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi ini, kamu bisa ikuti Instagram @planindonesia.


Foto: Instagram.com/planindonesia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler