Ganjar Pranowo Gowes Bareng Ajak Warga Muda Tertib Lalin

Polda Jateng sadar betul kesadaran berlalu lintas masyarakat harus terus ditingkatkan. Untuk mengajak milenial, Polda Jateng bersama Pemprov Jateng menggelar program Millennial Road Safety Festival yang digelar Mabes Polri di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (17/2/2019) pagi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar pun turut hadir dalam kegiatan yang diwarnai gowes atau bersepeda bersama tersebut. Ia berharap kegiatan itu menumbuhkan kesadaran masyarakat agar semakin tertib dan disiplin dalam berlalulintas.

"Kesadaran (lalu lintas ini penting, mengingat angka kecelakaan di jalan masih cukup tinggi," kata Ganjar di laman resmi Pemprov Jawa Tengah.

Ia sendiri mengajak semua pihak, khususnya generasi muda, agar memandang tertib berlalu lintas sebagai hal yang keren. Sebaliknya, ugal-ugalan, melanggar aturan lalu lintas, dan hal negatif lainnya justru akan membuat nyawa terancam.

"Yuk kita tertib berlalu lintas. Tertib itu keren," ajak Ganjar.

Sementara itu, gowes dalam rangka Millennial Road Safety Festival tersebut digelar oleh Polda Jawa Tengah. Ribuan orang menjadi peserta dengan start dari Mapolda Jawa Tengah dan finis di Java Mall Semarang dengan jarak 10 kilometer.

Dalam kegiatan itu juga digelar beragam kegiatan, mulai dari edukasi berlalu lintas hingga kegiatan hiburan.

"Gerakan Millennial Road Safety Festival ini digelar atas dasar tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalanan yang didominasi pelanggaran lalu lintas. Untuk itu, kesadaran tertib berlalu lintas harus ditumbuhkan di kalangan masyarakat," tutur Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono.

Di Indonesia sendiri saat ini rata-rata 30 ribu orang meninggal per tahun akibat kecelakaan lalu lintas. Itu artinya, dalam sehari terjadi 70-80 kecelakaan di jalanan. Ngeri kan?

Yang lebih miris, kecelakaan itu 40 persen melibatkan generasi milenial alias anak muda masa kini. Tapi, jika dirata-ratakan berdasarkan usia, kecelakaan melibatkan orang dengan usia 15-40 tahun.

TemanBaik masih ada yang tidak tertib berkendara di jalan raya, seperti tidak menggunakan helm, tidak memasang sabuk pengaman, menerobos lampu merah, atau berbagai tindakan ceroboh lainnya? Hati-hati ya mulai sekarang!

Foto: dokumentasi Diskomonfo Pemprov Jawa Tengah


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler