Cara KPU Jabar Sosialisasikan Pemilu Agar Efektif

Bandung - Pemilu 2019 tinggal beberapa bulan lagi nih, TemanBaik. KPU Jawa Barat pun terus melakukan sosialisasi ke masyarakat agar mereka paham seputar pemilu dan mau menggunakan hak suaranya pada 17 April 2019 nanti.

Pada saat melakukan sosialisasi, ternyata KPU membagi calon pemilih ke dalam beberapa segmen loh sebagai sasaran sosialisasi. Apa saja?

"Untuk sosialisasi ini kita membagi ke dalam 10 segmen, di antaranya perempuan, agama, pemilih pemula, disabilitas, kaum marjinal, termasuk kelompok adat," kata Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok saat ditemui di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, pada Senin (18/2/2019).

Agar sosialisasi lebih efektif, KPU kabupaten/kota di seluruh Jawa Barat melibatkan masyarakat dengan merekrut mereka jadi relawan demokrasi (relasi). Jumlahnya pun cukup banyak, TemanBaik.

Baca Ini Juga Yuk: Cara KPU Bandung Lindungi Hak Pemilih Pemula

"Masing-masing daerah ada 50 relasi, itu ada di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat. Jadi ada sekitar 1.000 orang lebih yang akan memberikan informasi dan sosialisasi ke masyarakat seputar pemilu," jelasnya.

Relawan-relawan itu pun enggak asal direkrut. Mereka direkrut berdasarkan segmentasi sosialisasi yang akan jadi sasaran. Sebagai gambaran, untuk sasaran pemilih perempuan, maka anggota relasinya adalah kaum perempuan.

Untuk sasaran sosialisasi penyandang disabilitas, relasinya juga berasal dari kalangan disabilitas. Begitu juga dengan segmen lainnya, semua disesuaikan.

Dengan cara seperti itu, sosialisasi diharapkan lebih 'kena' di hati masyarakat. Sebab, ada keterikatan emosional antara calon pemilih tertentu dengan orang yang melakukan sosialisasi.

Baca Ini Juga Yuk: Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Warga Saat Kampanye

Misalnya, penyandang disabilitas akan paham dan mau menggunakan hak pilihnya karena mereka diyakinkan oleh sesama disabilitas, begitu juga dengan segmentasi pemilih lainnya.

TemanBaik sudah kebagian sosialisasi oleh KPU dan relawan demokrasi? Jika belum, sabar ya. Banyak orang yang harus mereka temui untuk melakukan sosialisasi.

Tapi, kamu juga sebaiknya aktif dalam mencari informasi terkait pemilu. Zaman sudah canggih kan? TemanBaik bisa mencari informasi di laman resmi KPU atau laman lainnya. Minimal, jika butuh informasi seputar pemilu, kamu bisa menemui para petugas KPU di masing-masing daerah.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler