Apa Gelas Bekas Pakai ODHA Bisa Tularkan HIV? Ini Jawabannya

Bandung - TemanBaik sudah tahu cara penularan HIV? Beberapa di antaranya adalah melalui penggunaan jarum suntik dan hubungan seks tanpa alat pengaman. Tapi, ada beberapa pandangan salah tentang penularan HIV. Salah satunya adalah penggunaan alat makan atau minum bekas pakai orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Sehingga, sebagian orang jarang ada yang mau menggunakan alat makan atau minum bekas pakai ODHA, contohnya sendok dan gelas. Tapi, pandangan HIV bisa menular lewat peralatan makan itu ternyata salah loh.


Bagi ODHA yang menggunakan peralatan makan, meski ada air liur yang menempel, itu enggak akan bisa menularkan HIV. Jadi, jangan salah lagi ya.

Meski begitu, sebaiknya kamu tidak menggunakan peralatan makan atau minum bekas orang lain loh. Sebab, hal itu bisa jadi sarana penularan bakteri, virus, serta penyebab penularan beragam penyakit. Salah satu yang mudah menular adalah flu dan batuk.

Jadi, siapapun yang memakai peralatan makan atau minum kamu, sebaiknya cuci bersih sebelum TemanBaik pakai ya! Usahakan jangan dipakai 'bergilir' sebelum dicuci.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler