Keren! Vaksin Tifoid Buatan Indonesia Dinyatakan Aman Nih

Bandung - Tahu penyakit demam tifoid? Sebenarnya bahaya loh karena si bakteri salmonella typhi ini bisa menyebabkan kematian hingga 200 ribu orang per tahun.

Tapi jangan khawatir TemanBaik, karena para peneliti dari Bio Farma, Universitas Indonesia, dan International Vaccine Institute (IVI) Korea baru saja menyelesaikan uji klinik fase I dari vaksin konjugat tifoid. Hasilnya, vaksin ini dinyatakan aman dan berpotensi menghasilkan respons imun protektif.

"Riset ini merupakan langkah penting menuju pengembangan vaksin tifoid VI-DT yang dapat melindungi dunia. Terlebih buat melindungi anak-anak yang yang paling rentan terhadap demam tifoid," ujar Direktur Program Tifoid IVI Sushant Sahastrabuddhe, Jumat (22/1/2019) di Bandung.

Baca Ini Juga Yuk: Mau Traveling atau Umrah, Vaksin Dulu Yuk di Imunicare

Para peneliti dari IVI dan mitra peneliti di Indonesia menyimpulkan, vaksin baru ini terbukti aman dan imunogenik bagi semua kalangan usia. Dengan pemberian dosis tunggal, vaksin ini berlaku buat orang dewasa dan anak-anak diatas usia 2 tahun. Dijamin deh vaksin ini sanggup merespon kekebalan yang optimal tanpa memandang usia.

Sudah dinyatakan aman, vaksin tifoid ini juga sudah ditunggu masyarakat loh. Riset selanjutnya harus mendorong produk vaksin ini supaya bisa lebih cepat meluncur di pasaran.

Saat ini studi telah dilakukan antara Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Universitas Indonesia, dan Bio Farma untuk mengembangkan vaksin dan transfer teknologi pada produsen vaksin dan antisera di Indonesia.

“Kami bangga atas kolaborasi yang sukses antara tim dari Universitas Indonesia atau RS Cipto Mangunkusumo dan mitra kami dari IVI. Hasil positif dari studi fase I ini jadi pencapaian penting untuk mengembangkan vaksin tifoid konjugat baru di tanah air, ”ungkap Kepala Divisi Surveilans & Uji klinis Bio Farma Novilia Sjafri Bachtiar menutup obrolan.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler