Bola-bola di Trotoar Ini Ternyata Bukan Sekadar Hiasan Saja Loh

Surabaya - Kala menikmati suasana kota sambil berjalan kaki, kita tentunya sering melihat bola-bola berukuran besar yang tersusun rapi di trotoar. Bola-bola tersebut terpasang permanen dengan warna-warni yang cantik.

Hingga kini, ratusan bola telah terpasang di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Solo dan Yogyakarta.  Selain mempercantik trotoar, ternyata bola-bola ini memiliki fungsi lain yang tak kalah penting loh, Teman Baik.

Menurut Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra Saleh Atmawidjaja, bola beton di sekitar trotoar ini memiliki nama bollard.

Bollard terbuat dari beton semen yang dicetak dan diberikan warna-warni sesuai pesanan dan dipasang di sejumlah ruas trotoar. Sayangnya, banyak masyarakat yang belum mengetahui fungsi dari bola-bola ini. "Masih belum tau fungsinya, mungkin sebagai hiasan ya," ujar Farid, salah satu pejalan kaki. 

Akhirnya, banyak masyarakat yang menggunakannya sebagai tempat duduk, meskipun di kawasan trotoar telah banyak disediakan tempat duduk. Bahkan, karena keindahan warnanya, masyarakat juga kerapkali menggunakannya sebagai obyek untuk foto.

Namun, bollard juga memiliki fungsi sebagai penunjang keamanan dan kenyamanan pejalan kaki kala melintasi trotoar. Karena dengan adanya bollard, tentunya akan menyulitkan pengendaraan motor yang seringkali menaiki trotoar untuk mempercepat laju kendaraannya. Sehingga, akan mengurangi was-was pejalan kaki dan meminimalisir terjadinya pelanggaran dan kecelakaan.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler