Asyik! Naik Trans Metro Bandung Lebih Murah Pakai Non Tunai

Bandung - TemanBaik warga Bandung ada yang sering menggunakan bus Tans Metro Bandung (TMB)? Tahu enggak kalau sekarang tarif TMB lebih murah jika transaksi pembayarannya dilakukan non tunai?

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan sejak pertengahan Januari lalu, ada penyesuaian tarif bagi pengguna TMB. Mereka yang membayar tarif dengan uang elektronik, harganya menjadi Rp 3.000. Sedangkan jika menggunakan uang tunai, tarifnya Rp 4.000.

"Kita ingin mendukung program dari pemerintah pusat soal Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) melalui kebijakan ini," kata Didi kepada BeritaBaik, Senin (25/2/2019).

Bagi pemerintah, khususnya Dishub, ada manfaat besar yang bisa dirasakan dengan transaksi tarif non tunai tersebut. Yang pertama adalah kepraktisan karena tidak ada 'lalu lintas' uang.

Berikutnya, hal itu akan mencegah kemungkinan terjadinya kebocoran uang. Sebab, dengan non tunai, tarif yang dibayarkan pengguna langsung masuk ke kas pemerintah.

"Ini juga bagian dari modernisasi sistem," ucap Didi.

Berita Foto: Bersihkan Shelter TMB Biar Penumpang Nyaman

Sebaliknya, bagi pengguna TMB, tarif lebih murah jelas bisa dirasakan. Dengan begitu, kamu bisa lebih berhemat kan? Apalagi jika kamu sering naik TMB, penghematannya akan sangat terasa.

Didi pun mengajak warga Bandung untuk ramai-ramai menggunakan TMB dengan transaksi non tunai. Selain bisa menghemat, beralih ke transportasi publik turut berkontribusi untuk mengurangi tingkat kemacetan di Kota Bandung loh.

"Saya berharap masyarakat Kota Bandung memanfaatkan layanan ini," ajak Didi.

Untuk saat ini, transaksi non tunai di TMB baru berlaku untuk TapCash dan Brizzi. Tapi, ke depan Dishub akan mengupayakan untuk menggandeng layanan lain.

"Sekarang lagi penjajakan, mungkin kita akan uji coba dalam waktu dekat dengan menggunakan Go-Pay, Ovo, sama T-Cash untuk sistem pembayaran TMB non tunai," jelas Didi.

TemanBaik, yuk belajar gunakan transaksi non tunai jika menggunakan TMB!


Foto: Instagram @bissekolah_tmb

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler