Hore! Satelit Nusantara Satu Resmi Diluncurkan, Ini Manfaatnya

Jakarta - Satelit Nusantara Satu sudah resmi diluncurkan langsung dari Stasiun Angkatan Udara Cape Caneral, Florida, Amerika Serikat. Peluncuran tersebut berjalan sesuai rencana, yakni Jumat (22/2/2019) atau pada Hari Kamis, sekitar pukul 08.45 waktu setempat. 

Nusantara Satu merupakan satelit Indonesia pertama yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) berkapasitas hingga 15 Gbps. Teknologi ini diyakini mampu memberikan layanan internet broadband dengan kapasitas jauh lebih besar dibandingkan satelit konvensional yang saat ini ada di Indonesia. Keren banget ya TemanBaik!


Satelit ini disewa oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Satelit Nusantara Satu ini merupakan upaya dalam mengurangi kesenjangan jaringan komunikasi internet cepat di Indonesia. 

BAKTI juga berharap, kehadiran satelit ini memberikan fasilitas dan kebutuhan internet di wilayah yang tidak terjangkau kabel sarat optik. BAKTI rencananya akan menggunakan layanan satelit PSN ini selama lima tahun ke depan, sambil menunggu diselesaikannya Satelit Multifungsi Pemerintah yang ditargetkan selesai pada tahun 2023.

Dengan kehadiran satelit baru ini, penggunaan jaringan internet generasi keempat alias 4G dapat dinikmati di daerah-daerah pelosok nusantara, loh! Sudah enggak sabar? Satelit Nusantara Satu ini akan mulai beroperasi sebentar lagi, tepatnya pada Bulan April 2019 mendatang. Asyik!

Foto: kominfo.go.id




Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler