Aksi Petugas Kebun Binatang Bandung Bersih-bersih Sungai

Bandung - TemanBaik, hari ini ada kegiatan berbeda di Kebun Binatang Bandung (KBB). Para petugas mulai dari pawang satwa, pegawai bagian nutrisi, bagian bangunan, serta pegawai bidang lainnya turun ke Sungai Cikapayang.

Sungai itu terletak di area KBB, tepatnya di dekat kolam yang terdapat perahu. Panjang sungai yang melintas di area KBB itu mencapai 900 meter.

Sekitar 30 pegawai KBB pun bahu-membahu membersihkan sungai itu, mulai dari membawa sampah di sungai, membabat rumput liar, hingga mengangkut lumpur yang membuat sungai itu menjadi dangkal.

Baca Ini Juga Yuk: Daripada Ngeluh Banjir, Ayo Gotong Royong Bersihkan Sungai!

Hal itu dilakukan dalam rangka bagian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Hari ini, semua lembaga konservasi se-Indonesia diminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan kegiatan serentak berkaitan dengan HPSN.

Setiap lembaga konservasi melakukan cara sendiri loh untuk kegiatannya. Khusus di KBB, cara yang dilakukan adalah membersihkan Sungai Cikapayang. Apa alasannya?

"Sungai Cikapayang ini bermuara ke Sungai Cikapundung yang merupakan anak Sungai Citarum. Ini kita lakukan juga sebagai bagian mendukung program Citarum Harum," kata Marketing Communication KBB Sulhan Syafi'i kepada BeritaBaik.

Dengan membersihkan Sungai Cikapayang, harapannya air yang mengalir ke Sungai Cikapundung dan berujung ke Sungai Citarum menjadi bersih. Sungai Citarum sendiri saat ini berstatus sebagai salah sungai paling tercemar di dunia loh TemanBaik!

Sementara dalam kegiatan bersih-bersih sungai itu, para pegawai KBB terlihat bersemangat. Mereka menggunakan peralatan manual dalam membersihkan sungai, salah satunya cangkul.

Selain membersihkan sungai, para petugas akan melanjutkan tugas membersihkan area parkir di pintu III KBB. Sebab, di sana sampahnya lumayan banyak mengingat berdekatan dengan jalan raya dan banyak terdapat warung.





Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler