Wah! Warga 17 Tahun di Bandung Dapat Kado oleh Disdukcapil

Bandung - Ada kabar baik nih buat TemanBaik. Warga Kota Bandung yang berulang tahun ke-17 bakal mendapat kado ulang tahun istimewa loh. Mereka akan dikirimkan KTP elektronik alias e-KTP ke rumah masing-masing oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Inovasi pelayanan itu sudah berjalan sejak pekan lalu. Setiap hari, KTP itu dikirimkan kepada mereka yang usianya 17 tahun. Tapi, KTP itu hanya diberikan jika mereka memang sudah melakukan perekaman KTP.

"Delivery (pengiriman KTP sebagai kado) untuk yang 17 tahun itu setiap hari kita keluarkan," kata Kepala Disdukcapil Kota Bandung Popong Nuraeni, Rabu (6/3/2019).

Kenapa sih KTP itu harus dikirimkan ke mereka? Tujuan pertamanya untuk memastikan mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang dalam Pemilu 2019.


"Ini juga sekaligus mengapresiasi atas kesadaran mereka tentang pentingnya memiliki dokumen kependudukan," jelas Popong.

Proses perekaman KTP sendiri dilakukan Disdukcapil dengan beragam cara. Mulai dari mengoperasikan mobil Mepeling, Bi Eha dan Mang Udin, gerai Disdukcapil di mal, hingga 'jemput bola' ke sekolah-sekolah. 

Popong pun mengimbau bagi warga yang akan segera berusia 17 tahun untuk melakukan perekaman e-KTP. Apalagi, berbagai kemudahan pelayanan sudah diberikan.

"Di Kota Bandung kita mencetak 500 (KTP) per hari, blanko KTP kita banyak. Jadi enggak ada alasan lagi masyarakat malas, masyarakat tidak mau (mengurus pembuatan KTP)," tutur Popong.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler