Begini Aksi Petugas Tertibkan Alat Peraga Kampanye di Bandung

Bandung - Bawaslu dan Satpol PP Kota Bandung melakukan tindakan tegas nih TemanBaik. Berbagai alat peraga kampanye (APK) di 30 kecamatan di Kota Bandung hari ini secara serentak ditertibkan.

Poster, baliho, banner, spanduk, dan beragam bentuk APK lainnya dicabut dan diturunkan. Tapi, ternyata cukup ribet loh bagi petugas gabungan dalam menjalankan. Tak jarang, petugas harus memanjat tiang-tiang tempat pemasangan baliho. Meski menggunakan peralatan seadanya, para petugas berusaha menjalankan tugasnya dengan baik.

Meski begitu, bukan berarti APK lain mudah ditertibkan. Petugas juga kadang kesulitan menurunkan APK berukuran besar dengan bambu panjang sebagai penopangnya.

Mereka harus berusaha agar saat penertiban APK itu tidak mengenai warga, terutama pengendara yang melintas ke lokasi. Petugas juga harus memastikan arus lalu lintas tidak terganggu lama selama proses penertiban.

Ketua Bawaslu Kota Bandung Zaki M Zam Zam mengatakan di 30 kecamatan ada ribuan APK yang pemasangannya melanggar aturan. Selain memasang di zona terlarang, APK itu juga banyak yang ilegal karena tidak membayar pajak.

"Atas dasar itu kami merekomendasikan ke Satpol PP untuk ditindaklanjuti. Akhirnya Satpol PP beserta jajaran Pemkot Bandung hari ini melakukan penertiban," ujar Zaki di sela penertiban di Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Rabu (6/3/2019).

Kepala Seksi Ketertiban Umum Satpol PP Kota Bandung Satriadi Buana mengatakan sejauh ini semua kendala dalam penertiban bisa diatasi. Area pemasangan APK yang sulit dijangkau pun bisa tetap ditertibkan.

"Untuk yang tempatnya tinggi juga enggak masalah karena kita ada tim teknis empat orang (khusus untuk menjangkau tempat tinggi). Kita juga ada bawa kendaraan operasional berupa crane jika kurang terjangkau oleh petugas," jelas Satriadi.

Secara keseluruhan, penertiban dilakukan oleh 163 petugas yang disebar ke 30 kecamatan. Khusus untuk penertiban yang dilakukan tim dari Jalan Wastukencana hingga Jalan Pajajaran, ada 309 APK yang berhasil diturunkan.

APK itu nantinya akan dibawa ke Kantor Satpol PP. APK boleh dibawa para pemiliknya dengan syarat bisa menunjukkan dokumen atau bukti legalitas pemasangannya. Jika tidak, APK itu nantinya akan dimusnahkan.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler