Pertamina Siap Kembangkan SPBU Mini di 75 Ribu Desa di Indonesia

Bandung - Cari SPBU di kota besar sih urusan gampang. Tapi, gimana dengan mereka yang ada di pelosok? Nah, sebagai solusi, PT Pertamina (Persero) baru saja meluncurkan Pertashop. Konsep baru ini menawarkan SPBU Mini yang siap dikembangkan di 75 ribu desa di Indonesia.

Untuk mewujudkannya, Sinergi BUMN bikin kolaborasi penyediaan sarana dan prasarana jaringan Pertashop Pertamina. Kemitraan itu terjalin antara PT Len Industri (Persero), PT Pindad (Persero), serta PT Barata Indonesia (Persero).

Direktur Utama Len Industri, Zakky Gamal Yasin bercerita bahwa Sinergi BUMN siap mendorong pemerataan penyaluran BBM buat masyarakat hingga ke pelosok. Len Industri bersama Pertamina akan membangun Pertashop (SPBU mini) di setiap desa yang dilengkapi  denga Pembangkit Listrik Tenaga Surya. 

"Desain PLTS sudah dilengkapi dengan baterai, sehingga sudah stand alone saat dipasang di daerah yang tanpa listrik reguler.
Len Industri berperan dalam penyediaan dan fabrikasi sarana dan prasarana Pertashop sesuai dengan standar dan spesifikasi yang ditetapkan Pertamina," ujar Zakky kepada media, Rabu (6/2/2019).


Kehadiran Pertashop buat masyarakat juga punya beberapa keuntungan loh. Sarana ini akan mendekatkan pelayanan BBM di setiap desa, meningkatkan pemberdayaan ekonomi, dan bisa menjamin pasokan BBM berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. 

"Dengan kolaborasi ini, Pertamina bisa mengembangkan lebih dari 5000 SPBU yang saat ini sudah eksis, khususnya untuk fasilitas di pedesaan," katanya.

Ke depan, Sinergi BUMN juga akan mengembangkan 3 jenis Pertashop berdasarkan kapasitas tangkinya. Sebut saja kapasitas 1000 liter (Silver), 3000 liter (Gold), dan 5000 liter (Platinum). Ketiganya akan memanfaatkan PLTS buatan Len Industri, sedangkan fisik dan mekaniknya akan didukung oleh Pindad serta Barata Indonesia.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler