Menilik Tambang Kapur di Gunung Sadeng Puger Jember

Jember - Terdiri atas 31 kecamatan, Jember punya cukup banyak potensi alam di setiap wilayahnya. Kekayaan ini pun variatif, mulai dari hasil kebun hingga tambang.

Di Kecamatan Puger misalnya, terdapat tambang kapur yang cukup luas. Daerah yang berada di sisi selatan dan dikelilingi oleh pantai ini pun menjadi tempat beberapa pabrik kapur dan semen.

Adapun sumber tambang yang dimaksud adalah Gunung Sadeng. Luas lahan yang telah menjadi aset pemerintah ini pun mencapai 200 hektare.

Pabrik dan perusahaan kapur dan semen yang ada di wilayah ini pun bukan berasal dari domestik saja. Hongshi Holding Group dari Cina misalnya, juga mengambil bagian dari pengelolaan aset daerah bernilai ekonomis ini dengan membawa bendera Semen Imasco.

Saat ini, Imasco masih sedang dalam tahap pembangunan. Diperkirakan, pembangunan sipil akan selesai di tahun 2020, tetapi pabrik ditargetkan sudah mulai beroperasi sejak September 2019.

"Tim kami telah melakukan survei sampai ke seluruh Indonesia. Pada akhirnya, Jember dipilih karena dasar perizinan dan lokasinya yang cukup menguntungkan," kata Andi, salah seorang karyawan Imasco.

Selain Imasco, ada pula perusahaan semen dan kapur lokal yang cukup besar berdiri di kawasan Puger, seperti Semen Puger dan Bangun Arta Mineral.

Dengan keberadaan perusahaan-perusahaan ini, diharapkan PAD Jember juga semakin meningkat.



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler