Cara KPU Atur Kampanye Rapat Umum Agar Tidak 'Bentrok'

Bandung - Pemilu 2019 sudah semakin dekat nih TemanBaik. Masa kampanye pun sudah dibuka sejak 23 September 2018. Tapi, kampanye berupa rapat umum dan iklan di media massa belum bisa dilakukan. Apa sih kampanye rapat umum? Kampanye rapat umum adalah kampanye di tempat terbuka maupun tertutup yang dihadiri banyak massa.

Contoh sederhananya, jika TemanBaik melihat ada peserta pemilu berkampanye di sebuah area terbuka dan dihadiri massa, itu disebut kampanye rapat umum.

Kampanye rapat umum sendiri baru bisa dilakukan peserta pemilu mulai 24 Maret hingga 13 April 2019. Tapi, agar tidak terjadi 'bentrok' di suatu wilayah antarpeserta pemilu, KPU sudah membagi zona kampanye.

Baca Ini Juga Yuk: Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Warga Saat Kampanye

Ada dua zona yang ditetapkan, yaitu Zona A dan Zona B. Masing-masing zona meliputi 17 provinsi. Zona A di antaranya terdiri dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Sedangkan Zona B di antaranya terdiri dari Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, dan Yogyakarta.

Bagaimana pembagiannya? Tim Kampanye Nasional (TKN) nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin beserta partai pengusung dan pendukungnya akan memulai kampanye pada 24 Maret 2019 di Zona B.

Sebaliknya, di hari yang sama, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Salahuddin Uno akan berkampanye di Zona A, juga bersama partai pengusung dan pendukungnya.

Masing-masing tim kampanye akan mendapat jatah kampanye rapat umum selama dua hari di setiap zona. Di hari ketiga, keduanya akan 'bertukar' tempat atau zona. 'Pertukaran' tempat setiap dua hari itu akan terus berlangsung hingga berakhirnya masa kampanye.

Tapi, khusus untuk tanggal 3 April 2019, kedua pihak tidak dibatasi berkampanye di mana. Keduanya bisa kampanye di mana saja tanpa terbatas pada aturan zonasi.

Kampanye rapat umum sendiri diharapkan jadi ajang bagi para peserta pemilu untuk menyampaikan gagasan, visi, misi, serta beragam program dan janjinya kepada masyarakat.



Foto ilustrasi Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler