Hore! Puskesmas Ramah Disabilitas di Bandung Bertambah Lagi

Bandung - Ada kabar baik nih dari Pemkot Bandung, khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung. Tahun ini, puskesmas ramah disabilitas di Kota Bandung akan bertambah loh.

Puskesmas ramah disabilitas itu adalah untuk mengakomodir sekaligus mempermudah penyandang disabilitas mendapat pelayanan kesehatan. Sebab, akses dan infrastruktur puskesmas ramah disabilitas memang didesain secara khusus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita mengatakan saat ini sudah ada dua puskesmas ramah disabilitas di Kota Bandung, yaitu Puskesmas Pasirkaliki dan Puskesmas Salam.

"Sekarang baru ada dua (puskesmas ramah disabilitas) dan insya Allah tahun ini akan bertambah enam lagi," kata Rita, Selasa (12/3/2019).


Tapi Dinkes bukan membangun puskesmas baru loh. Pihaknya hanya melakukan renovasi terhadap puskesmas yang sudah ada.

"Jadi puskesmas yang sudah ada ini akan direnovasi sesuai standar ramah disabilitas," ucap Rita.

Puskesmas Salam dan Puskesmas Pasirkaliki pun jadi percontohan untuk merenovasi enam puskesmas tersebut. Sebab, sarana dan prasarana di dua puskesmas itu sudah sangat memadai serta benar-benar ramah disabilitas.

Nantinya, di puskesmas yang direnovasi akan memiliki beragam fasilitas, mulai dari adanya guiding block (jalan pemandu), akses kursi roda, hingga kertas resep yang bertuliskan huruf braille.

Di lokasi juga akan ada kursi prioritas bagi penyandang disabilitas. Sehingga, ketika mereka datang ke puskesmas, mereka dipastikan mendapat tempat duduk tanpa harus berebut dengan orang lain.

Biaya renovasi puskesmas sendiri ada di kisaran Rp200 juta per satu puskesmas. Sebelum akhir tahun, keenam puskesmas itu pun ditargetkan rampung direnovasi dan bisa digunakan oleh penyandang disabilitas.


Foto dokumentasi beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler