Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga Beroperasi 2020

Purbalingga - Kabar baik nih bagi warga Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya. Pada April 2020, Purbalingga akan punya bandara dengan nama Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Lokasi yang bakal jadi tempat bandara itu ada di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja. Proses lelang pun segera dilaksanakan pada April tahun ini. Setelah pemenang lelang didapatkan, pembangunan bandara akan langsung dikebut.

"Mudah-mudahan April 2020 bisa beroperasi agar manfaatnya bisa cepat dirasakan masyarakat," kata Menteri Perhubungan Budi Karya di laman resmi Pemprov Jawa Tengah, Rabu (13/3/2019).

Jika bandara itu rampung, apa sih manfaat yang akan dirasakan masyarakat? Yang paling besar tentu memangkas waktu perjalanan dari dan menuju Purbalingga. Dari Purbalingga ke Semarang misalnya, waktu tempuh bisa dihemat hingga tiga jam.

"Ini rencananya runaway 1.600 meter. Kalau sudah selesai, waktu ke Semarang yang menggunakan mobil bisa lima jam, kan bisa hanya dua jam, bahkan kurang. Begitu pula akses ke kota lain," jelas Budi.

Karena manfaat besarnya, bandara itu diyakini akan digunakan masyarakat. Apalagi, banyak perusahaan asing yang beroperasi di Purbalingga.

"Kami yakin akan ramai. Karena kan Bandara ini letaknya juga jauh dengan bandara yang lainnya. Dan juga perusahaan asing di sini pasti membutuhkan akses penerbangan," tutur Budi.

Foto: peninjauan calon lokasi Bandara Jenderal Besar Soedirman (dokumentasi Pemprov Jawa Tengah)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler