Siap-siap Pemilu, KPU Bikin Simulasi Tungsura di Halaman Kantor

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi Penghitungan (Tungsura) pada Selasa (12/3). Uniknya, simulasi kali ini enggak diadakan di tengah pemukiman penduduk loh. Tempat Pemungutan Suara alias TPS dibuat di Halaman Parkir Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol No. 29 Menteng, Jakarta.

Kegiatan ini dilakukan untuk mematangkan persiapan, salah satunya melalui simulasi pemungutan dan penghitungan suara. “Mudah-mudahan upaya kita melakukan simulasi ini menjadi masukan pelajaran yang cukup berharga untuk menyempurnakan kalau ada hal-hal yang kurang sebelum kita laksanakan 17 April mendatang,” ujar Ketua Komisioner KPU Arief Hidayat lewat laman resmi KPU.


Simulasi ini diikuti oleh 300 pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU, dengan surat suara cadangan sebanyak 6 lembar atau 2 persen dari jumlah pemilih terdata dalam DPT.  Dalam kegiatan ini disimulasikan sejumlah pemilih mulai dari pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) serta Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Pada kesempatan tersebut, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas adalah para staf Biro Teknis dan Hupmas. Dalam kesehariannya, mereka memang bergelut dalam aturan pemungutan dan penghitungan suara. 

Selain simulasi proses tungsura, kegiatan ini juga menampilkan sejumlah adegan yang perlu mendapat penanganan di TPS. Mulai dari pemilih disabilitas tunanetra dan tunadaksa hingga penanganan apabila ditemukan surat suara rusak saat diterima pemilih. 

Foto: KPU 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler