Daripada Mengeluh Macet, Yuk Jalankan Carpooling!

Bandung - TemanBaik suka mengeluhkan macetnya arus lalu lintas? Introspeksi dulu deh mendingan. Mungkin kamu jadi salah satu penyebab kemacetan itu sendiri.

Bayangkan jika kamu pengguna mobil tapi kamu hanya sendirian menggunakannya. Di luar sana, ada ratusan bahkan mungkin ribuan hingga puluhan ribu orang di satu kota yang melakukan hal serupa. Begitu juga jika kamu menggunakan sepeda motor. Jumlah sepeda motor bahkan jauh lebih banyak beredar di jalan raya ketimbang mobil.

Bisa membayangkan ribuan orang di jalan yang menggunakan kendaraannya sendirian? Itulah penyebab kemacetan yang mungkin enggak kamu sadari.

Daripada hanya mengeluh soal kemacetan, sebaiknya kamu melakukan langkah nyata. Contohnya dengan menjalankan carpooling untuk pergi ke tempat kerja, sekolah, kampus, atau tujuan lainnya.

Singkatnya, carpooling ini menjadikan satu mobil untuk diisi penumpang sesuai kapasitas tempat duduk. Gambarannya, kamu yang punya mobil bisa memberi tumpangan bagi temanmu dengan tujuan searah.

Kamu tinggal janjian di satu titik untuk 'mengangkut' mereka. Sehingga, teman-temanmu tidak akan menggunakan kendaraan pribadinya. Hal itu akan berdampak positif terhadap berkurangnya volume kendaraan di jalan.

Biar sama-sama enak, mobil yang dipakai bersama bisa dijadwal secara bergiliran. Misalnya hari senin menggunakan mobi si A, selasa si B, begitu seterusnya.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Rahasia Menghemat Bahan Bakar Kendaraan yang Bisa Kamu Coba

Jangan merasa rugi, TemanBaik. Sebab, kamu bisa menciptakan kesepakatan, mulai dari penggunaan mobil milik siapa, urunan untuk biaya bahan bakar, serta kesepakatan lainnya.

Lewat carpooling, ada beragam manfaat yang bisa dirasakan loh. TemanBaik mau tahu? Yang jelas akan tercipta interaksi sosial. Perjalanan kamu juga akan lebih menyenangkan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi memberi gambaran asyiknya carpooling setelah dilakukan uji coba Grab to Work yang diikuti jajaran ASN-nya.

Para ASN yang sebelumnya sering terhambat komunikasi saat di kantor, justru dengan carpooling bisa ngobrol sepanjang perjalanan.

"Ada juga yang bisa sarapan bareng-bareng dan saling berbagi di dalam mobil. Misalnya si A bawa bekal apa, si B bawa bekal apa, itu bisa saling berbagi," kata Didi, Jumat (15/3/2019).

Masih ada lagi loh manfaat yang bisa dirasakan. Mereka yang kebetulan tidak menyetir, bisa beristirahat sepanjang perjalanan, bahkan bisa tidur. "Yang biasa naik motor dan diam karena sendirian, justru jadi punya teman ngobrol sepanjang perjalanan," tutur Didi.

Di luar itu, akan ada banyak manfaat lainnya jika kamu menjalankan carpooling. Cobain dulu deh TemanBaik gimana asyiknya carpooling.


Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler