Keren! Remaja 15 Tahun Asal Jateng Ikuti Lomba Berkuda di Qatar

Semarang - Ada kabar membanggakan nih, TemanBaik. Ivana Putri Santosa, remaja 15 tahun asal Jawa Tengah, akan berlaga di Final Asian Aquestrian Federation (AEF) U-21 Dressage Championship di Doha, Qatar, pada 3-5 April 2019.

Kejuaraan itu merupakan perlombaan berkuda tingkat Asia. Itu akan jadi kejuaraan internasional pertama yang diikuti Ivana.

Di ajang itu, Ivana yang mewakili Indonesia itu akan berada satu grup dengan lawan-lawan berat, yaitu China Taipei (Taiwan) dan Thailand. Tapi, Ivana diyakini bakal memberi perlawanan sengit dan menuai prestasi.

"Meski lawan yang bakal dihadapi berat, saya yakin Ivana mampu mengatasi," kata pelatih Timnas Equastrian Indonesia James Octavianus Momongan di laman resmi Pemprov Jawa Tengah, Jumat (15/3/2019).


Ivana sendiri berhak mewakili Indonesia setelah melewati seleksi ketat hingga akhir tahun lalu. Dalam kejuaraan itu, Ivana akan berlaga bersama Mia Andhika di nomor Tunggang Serasi. James mengatakan, Ivana merupakan atlet potensial yang terlatih kemampuannya sejak belia. Hal itu tidak mengherankan loh.

Sebab, Ivana merupakan putri Candra Santosa yang merupakan jagoan equastrian Indonesia. Ibunya, Anna Santosa, juga merupakan langganan juara di level nasional dan internasioal.

"Seperti mamanya, Ivana yang masih duduk di kelas IX ini telah mengoleksi puluhan medali emas dari perlombaan nasional," tutur James.

Ivana pun akan mematangkan kemampuannya sebelum terjun di kejuaraan tersebut. Ia bakal melakoni beberapa uji tanding di Indonesia hingga akhir Maret. Ivana mengakui masih memiliki pekerjaan rumah (PR) dalam urusan mental. Sebab, kejuaraan itu adalah kejuaraan perdana di level internasional.

"Saya berharap dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia, khususnya Jateng, semoga bisa mengibarkan Merah Putih di sana," ungkap Ivana.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun berkesempatan bertemu dengan Ivana dan sang pelatih pada Kamis (14/3/2019). Ia memberi pesan sekaligus penyemangat bagi Ivana.

"Di dada ini harus ada tekad yang selalu terucap 'harus menang, harus menang, harus menang', itu sebagai motivasi. Semoga Merah Putih bisa berkibar di Doha," tutur Ganjar.


Foto: dokumentasi Diskominfo Jawa Tengah

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler