Jelang Pemilu, Siberkreasi Kampanyekan #SemaiDamai

Bandung - Jelang pemilihan umum 2019 yang bakal diselenggarakan pada 17 April 2019 mendatang banyak fenomena hoaks dan ujaran kebencian yang tidak luput dalam dunia politik. Hoaks yang tersebar di kalangan masyarakat itu lah yang nantinya bisa memengaruhi persepsi publik terhadap pilihan mereka, khususnya bagi pemilih pemula.

Dengan banyaknya fenomena hoaks yang terjadi di masyarakat, Siberkreasi melakukan roadshow #SemaiDamai yang sudah dilaksanakan di empat kota di Indonesia yaitu Palembang, Bandung, Banyuwangi, dan Denpasar pada beberapa waktu lalu.

“Dalam waktu dekat ini Indonesia akan menyelenggarakan pemilu dengan lima juta pemilih pemula serta 42 juta pemilih dari kelompok usia generasi milenial. Kelompok usia generasi Z dan milenial juga merupakan pengguna Internet dan media sosial paling banyak, sehingga kami melihat perlunya memfokuskan kegiatan literasi digital bagi anak muda,” terang Indriyatno Banyumurti selaku koordinator acara.

Baca Ini Juga Yuk: 'Know Your Caleg', Program Kenali Caleg untuk Warga Diaspora

Menurut data dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), sejak Agustus 2018 hingga Februari 2018 ada sebanyak 771 hoaks yang beredar, yang mana 180 di antaranya merupakan hoaks bermuatan politik.

Salah satu solusi untuk mengurai masalah penyebaran hoaks sendiri bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kompetensi pengguna Internet dan media sosial melalui kegiatan tatap muka. Seperti diskusi, pelatihan, seminar, hingga edukasi dengan pendekatan populer berupa permainan ular tangga.

Untuk ke depannya, roadshow seperti ini juga akan terus dilakukan oleh Siberkreasi. Tentunya dengan program yang berbeda yaitu “School of Influencer”. Program ini nantinya akan berfokus pada pelatihan bagi konten kreator.

Foto: Siberkreasi

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler