Desa Terindah di Dunia Ada di Sumatera Barat Indonesia Loh

Pariangan - TemanBaik tahu enggak, desa paling indah di dunia ternyata ada di Indonesia loh, tepatnya di Sumatera Barat. Nama desa tersebut adalah Nagari Pariangan yang kemudian dinobatkan menjadi salah satu desa yang terindah di dunia versi majalah pariwisata internasional asal New York, Budget Travel.

Predikat desa terindah alias ‘World’s 16 Most Picturesque Villages’ ini rupanya sudah ada sejak tahun 2012 lalu. Nagari Pariangan masuk menjadi salah satu dari 16 desa terindah yang ada di seluruh penjuru dunia. Desa Nagari bersanding dengan desa-desa cantik di dunia, seperti Desa Wengen (Swiss), Desa Eze (Prancis), Niagara on The Lake (Kanada), hingga Desa Cesky Krumlov (Republik Ceko). Membanggakan ya!

Nagari Pariangan berada di Kabupaten Tanah Datar yang berjarak sekitar 94 kilometer dari Kota Padang. Untuk menuju ke Nagari Pariangan, kamu bisa menempuh jalur darat dengan menggunakan mobil atau motor yang bisa ditempu dengan waktu sekitar tiga jam.

Kamu enggak usah khawatir akan sulit untuk menemukan Nagari Pariangan. Desa ini mudah ditemukan kok, sebab berada di jalan utama yang menghubungkan Batusangkar dengan Padang Panjang.

Baca Ini Juga Yuk: Sumbar Punya Tour de Singkarak, Sumsel Akan Punya Tour de Ranau

Nagari Pariangan sendiri merupakan desa kuno yang menjadi cikal bakal lahirnya sistem pemerintahan khas masyarakat Minangkabau. Desa ini memiliki bangunan rumah gadang dengan dinding yang terbuat dari anyaman rotan dan ukiran kayu sebagai ciri khas bangunan di Sumbar.

Selain itu, Nagari Pariangan juga memiliki masjid yang telah ada sejak abad ke-19 yakni Masjid Ishlal yang memiliki arsitektur yang indah dan megah. Arsitektur masjid ini bergaya Dongson ala dataran tinggi Tibet yang menggambarkan betapa majunya peradaban Minangkabau kala itu. Keren sekali ya!

Karena hal tersebut, Nagari Pariangan belakangan semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satu momen yang biasanya ramai dikunjungi adalah saat pelaksanaan Tour de Singkarak yakni acara balap sepeda internasional.

Jadi, kapan kamu akan berkunjung ke Nagari Pariangan, TemanBaik?


Foto: Wikipedia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler