Ridwan Kamil Ungkap Manfaat Belajar Bahasa Arab

Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ternyata tidak berhenti belajar loh, TemanBaik. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini rupanya giat belajar bahasa Arab.

"Saya sudah tiga bulan, tiap pagi les bahasa Arab sejam," kata Emil saat ditemui di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Senin (18/03/2019).

Meski memiliki banyak kesibukan sebagai orang nomor satu di Jawa Barat, ia selalu berusaha konsisten. Ia selalu meluangkan waktu belajar karena ingin cepat fasih berbahasa Arab.

Enggak gampang loh TemanBaik belajar bahasa Arab. Emil bahkan menyebutnya sangat rumit. Sebagai gambaran, satu suku kata bisa memiliki 14 pelafalan dan arti yang berbeda.

Setelah tiga bulan belajar, Emil pun mencoba mempraktikkannya. Beberapa waktu lalu, ia melakukan kunjungan ke tiga negara di Timur Tengah, yaitu Maroko, Alzajair, dan Uni Emirat Arab (UEA).


Saat bertemu para pejabat dan orang-orang penting di sana, ia mencoba membuat mereka luluh dan mau bekerja sama dalam berbagai hal dengan Jawa Barat. Salah satunya adalah dengan menyelipkan bahasa Arab dalam perbincangan.

Meski belum fasih, tapi hal itu diapresiasi orang-orang penting di tiga negara itu. Bahkan, komunikasinya berujung pada jalinan kerja sama. "Untuk lobi-lobi itu saya sekian persen pakai bahasa Arab, alhamdulillah berhasil," tutur Emil.

Dari hasil kunjungannya itu, 'oleh-olehnya' adalah Maroko siap membuka keran ekspor untuk produk asal Jawa Barat ke Afrika, Alzajair akan membangun monumen Ir Soekarno di daerahnya, dan UEA siap memasilitasi produk Usaha Kecil Menengah (UKM) asal Jawa Barat untuk dijual ke Afrika.

Belum cukup sampai di situ, empat kedai atau toko kopi juga siap dibangun di tiga negara itu. Selain itu, ada beberapa kerja sama lainnya yang siap ditindaklanjuti dan dijalankan.

TemanBaik masih malas untuk belajar? Sekelas Ridwan Kamil pun masih mau belajar loh meski memiliki banyak kesibukan. Yuk, lebih giat lagi belajar banyak hal!
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler