Kembangkan Potensi Daerah, Bekraf Luncurkan Tol IKKON

Bandung - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan Spedagi Movement meluncurkan program baru bernama Tol IKKON, loh TemanBaik. Kamu tahu enggak apa yang dimaksud Tol IKKON itu? 

IKKON sendiri adalah singkatan dari Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara. Tol IKKON bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan potensi ekonomi lokal di daerah yang dilalui jalan tol dengan pendekatan yang inovatif dan kreatif.

Menurut Bekraf, terdapat banyak potensi yang bisa dikembangkan di daerah sepanjang jalur tol. Program Tol IKKON dapat mengoptimalkan pemanfaatan rest area dan area di sekitar gerbang exit tol untuk menunjukkan potensi tersebut.


Hal itu dilakukan sebagai sarana pengembangan ekonomi daerah, khususnya sektor ekonomi kreatif. Inisiatif ini sejalan dengan arahan dan amanat dari Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan produk-produk unggulan daerah. 

Tol IKKON pertama dimulai dengan merevitalisasi penyelenggaraan Festival Kuliner Ungaran pada 15-17 Maret 2019 di Alun-alun Bung Karno, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Semarang dipilih menjadi lokasi pilot project pelaksanaan Tol IKKON karena dinilai memiliki potensi ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan, dengan banyaknya komunitas yang terdapat di sana. 

TemanBaik ada yang mengunjungi festival kuliner tersebut? Bagaimana pendapat kamu mengenai Tol IKKON di sana? Semoga program ini dapat mengembangkan potensi daerah seperti yang diharapkan ya.

Foto: Instagram.com/festivalkuliner.ungaran


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler