Pameran Hari Konsumen di Gedung Sate, Ada Apa Sih di Dalamnya?

Bandung - TemanBaik, hari ini hingga Rabu (19/3/2019) besok ada pameran Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 loh di depan Gedung Sate, tepatnya di Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Ada apa sih di sana? Salah satunya ada 90 booth pameran dari berbagai lembaga pemerintah serta pihak swasta.

Di sana, kamu juga bisa berbelanja aneka produk, mulai dari kuliner hingga fesyen. Bahkan, di beberapa booth menawarkan diskon untuk produk yang dijual loh.

Selain itu, ada beragam kegiatan edukasi seputar konsumen yang dikemas dengan cara menarik, mulai dari talk show hingga kuis. Harapannya, konsumen akan semakin tahu soal hak dan kewajibannya.

"Hari ini adalah kesempatan juga bagi kami untuk juga menyosialisasikan pentingnya perlindungan konsumen," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka Peringatan Harkonas, Selasa (19/3/2019).

Khusus di lingkungan Pemprov Jawa Barat, pria yang akrab disapa Emil itu juga memosisikan warganya sebagai konsumen. Sehingga, pelayanan publik dibuat semudah mungkin agar masyarakat sebagai konsumen merasa puas.

Salah satunya mempermudah pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pemilik kendaraan tidak perlu lagi datang ke Kantor Samsat untuk membayar pajaknya.

"Mulai tahun ini, Pemprov Jawa Barat jadi satu-satunya yang kalau konsumen mau bayar pajak kendaraan tidak perlu datang ke Samsat," ungkapnya.

Caranya, pembayaran pajak bisa dilakukan melalui layanan e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia. Bahkan, pembayaran bisa dilakukan di minimarket.

Ketua Panitia Harkonas Veri Anggrijono berharap melalui peringatan Harkonas dan beragam kegiatannya, masyarakat akan teredukasi. Sehingga, mereka akan tahu hak dan kewajibannya.

"Edukasi Konsumen yang digunakan sebagai tema dalam peringatan ini merupakan wujud nyata perlindungan terhadap konsumen," ucap Veri.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler