Motif Batik Hiasi Bandara Baru di Yogyakarta

Yogyakarta - Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang berada di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, akan segera beroperasi nih, TemanBaik. Rilis perdana rencananya akan dilaksanakan April mendatang.

Seperti apa sih perkembangannya sekarang? Communication and Legal Manager Bandara NYIA Falla Rhomeka mengatakan pembangunan bandara sudah mencapai 82 persen untuk tahap operasi minimum.

"Saat ini runway dan taxiway sudah siap. Untuk gedung terminal dan bangunan lainnya sedang dalam tahap penyelesaian," kata Falla di laman resmi Pemprov Yogyakarta, Selasa (19/3/2019).

Pada saat soft launching nanti, beberapa fasilitas sudah siap dipakai, salah satunya area terminal di sayap timur. Luas terminal yang bisa difungsikan itu baru mencapai 12 ribu meter persegi. Sedangkan total luas lahan seluruh terminal mencapai 210 meter persegi. Di bandara juga dilengkapi masjid. Pembangunannya bahkan sudah selesai. Tapi, perlu penataan interior saja untuk mempercantik tampilannya.

Bandara NYIA sendiri memiliki panjang landasan pacu 3.250 meter. Menariknya, pembangunan bandara mengedepankan ramah lingkungan dan konsep kearifan lokal. Sebagai contoh, ada ornamen Batik Kawung yang merupakan motif batik asli Yogyakarta. Ornamen itu akan menghiasi desain interior ruang bandara, termasuk pada atap terminal yang terdiri dari tiga lantai.

Baca Ini Juga Yuk: KAI Punya Kafe Kopi di Yogyakarta, Yuk Intip Menu dan Suasananya!

"Kami juga turut menghadirkan nuansa lima desa yang terdampak akibat pembangunan bandara. Pengaplikasiannya dilakukan pada lima gate keberangkatan, sebuah bentuk apresiasi kami," jelas Falla.

Sementara di tahap awal, jam operasional bandara akan mengikuti jadwal maskapai yang beroperasi di Bandara NYIA. Apa aja? "Saat dibuka, penerbangan melalui Bandara NYIA sementara khusus untuk desinasi internasional dengan maskapai AirAsia dan Silk Air, pindahan dari Terminal B Bandara Adisutjipto. Sehingga, jam operasional Bandara NYIA akan mengikuti jadwal kedua maskapai tersebut yakni pukul 06.00-18.00 WIB," tutur Falla.

Sedangkan untuk rute penerbangan destinasi dalam negeri, hal itu belum bisa dilakukan di bandara baru. Penerbangannya masih dilakukan di Bandara Adisutjipto hingga Desember 2019.

Bandara NYIA sendiri akan diperlengkap aksesnya. Saat ini, Kementerian PUPR masih menyelesaikan pembangunan underpass alias jalan bawah tanah untuk akses kereta api. Karena akses kereta api belum rampung dibangun, untuk sementara menuju bandara hanya bisa ditempuh menggunakan transportasi darat.


Foto: dokumentasi Pemprov Yogyakarta


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler