Berakhir Pekan di Pameran Desain ‘How and Why’ Yuk!

Bandung - Buat TemanBaik yang belum tahu mau ke mana akhir pekan ini, enggak ada salahnya berkunjung ke pameran karya tugas akhir mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Itenas bertajuk 'How and Why'. Pameran ini rutin digelar dua kali dalam satu tahun sejak tahun 2014, loh.

'How and Why' alias 'mengapa dan bagaimana' dipilih menjadi nama pameran karena dua pertanyaan ini sangat mendasar bagi seorang desainer. Pertanyaan ‘mengapa’ dianggap sebagai landasan awal seorang desainer mengangkat sebuah permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat.

Sementara pertanyaan ‘bagaimana’ adalah cara seorang desainer merangkum serta menyampaikan informasi dari sebuah permasalahan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pesan solutif yang dapat diterima oleh berbagai lapisan masyarakat.

Disadari atau enggak, desain memang ada di sekeliling kita loh, baik secara egosentris maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya desain yang memudahkan kehidupan. Seperti kehadiran sign system sebagai penunjuk arah, yang memudahkan mobilitas. Serta masih banyak lagi terapannya, baik secara konvensional maupun digital. 

Dari pemikiran tersebut, pameran 'How and Why' kali ini mengangkat tema 'Coherence'. Tema ini mengangkat tentang sifat bersinergi antara satu dan yang lain dengan kecocokan. Serta perpaduan serasi yang telah difokuskan pada suatu pencapaian tertentu di tiap halnya yang ada di kehidupan masyarakat.

'Coherence' menjadi sudut pandang yang harus diperhatikan dan sangat penting untuk seorang desainer dalam proses menciptakan sebuah karya desain. Fokus terhadap topik permasalahan, tentukan batas bahasan dan menyadari kalau semua memiliki capaian masing-masing, and then try to connect the dot from what we got before.

Pada pameran ke-10 kalinya ini ‘How and Why’ hadir dengan konten acara yang lebih beragam. Tidak hanya sekadar sebuah acara pameran tugas akhir DKV ITENAS, namun juga menggelar sesi Design Talk, Live Music, dan Milestone Exhibiton. Seru sekali ya! 

Pameran ini bakal digelar di Galeri Yuliansyah Akbar yang berada di Urbane Indonesia, Jl. Cigadung Raya Barat No.5, Cigadung, Kota Bandung. Acara ini akan berlangsung selama  tiga hari dari pada tanggal 22-24 Maret 2019. Datang yuk, pameran desain yang satu ini enggak dipungut biaya alias gratis loh!

Foto: dokumentasi How and Why
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler